NEWS

Pemkab Bangka Raih Peringkat Pertama Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Babel 

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Pemerintah Kabupaten Bangka mampu mempertahankan prestasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan meraih peringkat terbaik se-Kepulauan Bangka Bangka Belitung selama dua tahun berturut-turut. 

Secara nasional Kabupaten Bangka berada pada posisi ke-60 dari 396 Pemerintah Kabupaten di Indonesia.  Posisi ini berada di atas capaian Pemerintah Kabupaten lain di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dimana Kabupaten Bangka Tengah meraih peringkat ke-68 sedangkan Kabupaten Bangka Barat berada pada posisi ke-83.

“Alhamdulillah, kabar baik ini kami terima setelah diterbitkannya Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 118-8840 Tahun 2018. Dalam keputusan menteri tersebut, Pemerintah Kabupaten Bangka juga dikategorikan memiliki prestasi kinerja sangat tinggi (ST) bersama dengan 107 Pemerintah Kabupaten lain yang ada di Indonesia,” ujar Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH.

Bupati Bangka juga mengungkapkan ucapan terima kasih kepada seluruh OPD yang telah berkontribusi dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten Bangka. 

Mulkan menambahkan bahwa Prestasi ini merupakan capaian bersama dari seluruh pihak karena yang dinilai bukan kinerja dari OPD tertentu saja namun semua OPD yang ada di Kabupaten Bangka. 

Bukan hanya itu, bahkan Pemerintah Kabupaten Bangka juga berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bangka yang sudah memberikan berbagai bentuk partisipasinya dalam setiap program Pemerintah Kabupaten Bangka.             

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto menjelaskan bahwa penetapan peringkat dan status kinerja tersebut diberikan berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaran Pemerintahan Daerah (EKPPD) tahun 2018 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2017.  

Menurut Pan Budi, prestasi ini merupakan pengakuan Pemerintah Pusat  terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Bangka dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah karena EKPPD sendiri adalah salah satu bentuk tugas Pemerintah Pusat dalam melakukan Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.  

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, mengatakan capaian status kinerja ini merupakan modal penting bagi peningkatan kinerja Pemerintah Kabupaten Bangka dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Peningkatan kinerja dimaksud adalah melalui upaya bersama dalam menciptakan Pemerintahan Daerah yang  transparan dan akuntabel serta berorientasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Bangka. 

“Singkat kata, kita ingin pembangunan daerah Kabupaten Bangka dengan visi Bangka Setara ( Sejahtera dan Mulia) tetap berada pada jalur perencanaannya (on the track) sampai akhir periode pemerintahan nanti,” kata Syahbudin. 

Akhmad Mukhsin, Pj Sekda Kabupaten Bangka, berharap bahwa seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Bangka terus berupaya untuk menciptakan berbagai terobosan dan inovasi baru dalam memberikan pelayanan publik.

Menurut Mukhsin, saat ini seharusnya seluruh pejabat di Pemkab Bangka harus punya motivasi besar dalam membuat solusi baru bagi permasalahan yang ada di masyarakat. Apalagi, sudah ada jaminan perlindungan hukum bagi inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close