NEWS

Pemkab Bangka Gelar Pemetaan Kebijakan PHBS dan Berwawasan Kesehatan

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka H. Ahkmad Mukhsin, SH mengingatkan untuk terus melaksanakan dan mempraktekkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Pemkab Bangka.

Menurut sekda Pemkab Bangka telah membuat program dan kebijakan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, seperti Kawasan Tanpa Rokok, Germas, pemeriksaan kesehatan gratis dan lain lainya. Namun Kebijakan tersebut perlu didukung dengan praktek yang lebih nyata dalam menerapkan PHBS.

“Kita sudah punya kawasan bebas asap rokok. sudah dibuat tempat merokok. tinggal prakteknya saja, patuhi tempatnya. Termasuk kita punya Germas, tinggal kita laksanakan, pola makan yang sehat gizi berimbang. Lalu tiap Jumat ada senam pagi. Jadi tinggal prakteknya yang perlu ditingkatkan lagi dan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih dipraktekkan setiap hari,” jelas Sekda dalam sambutannya ketika membuka Acara Pemetaan Kebijakan PHBS dan Berwawasan Kesehatan di Kabupaten Bangka, Kamis (11/4/2019) di Meeting Room Istana Pool, Parai Beach Hotel, Sungailiat.

Selanjutnya Akhmad Mukhsin mengharapkan kepada seluruh perserta yang merupakan perwakilan dari OPD, melalui kegiatan ini dapat mensinegikan teori dan praktek dalam mencari formulasi untuk mendukung dan menerapkan PHBS di Kabupatn Bangka.

“Keberhasilan dari program harus ada perpaduan teori dan praktek yang disinergikan. sehingga tercapai kita dalam rangka menuju Bangka yang asehat dan menuju Indonesia yang sehat,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr. Then Suyanti menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong seluruh Instansi di Kabupaten Bangka agar dapat membuat kebijakan yang berwawasan PHBS dan kesehatan di Instansinya masing-masing.

“Kegiatan ini agar dapat dipetakan PHBS dan berwawasan Kesehatan di Kabupaten Bangka. serta untuk mendorong instansi dan pemangku kepentingan dalam menerapkan kebijakan berwawasan kesehatan,” jelasnya.

Kegiatan ini menurut Then Suyanti berlangsung satu hari, diikuti 50 orang yang merupakan perwakilan dari seluruh Instansi di Kabupaten Bangka, dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button