NEWS

Pelatihan dasar CPNS Syarat Untuk diangkat Menjadi PNS

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Pemerintah kabupaten Bangka melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka, menggelar Pelatihan dasar CPNS Kabupaten Bangka tahun 2019 di Hotel Manunggal. Kamis (11/4/2019).

Kepala BKPSDMD Surtam A Amin mengatakan pelatihan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bangka tanggal 1 April 2019 tentang penunjukan kegiatan pelatihan dasar CPNS serta tenaga pelatihan dan tenaga pelatih kegiatan pelatihan dasar.

“Pelatihan dasar CPNS ini merupakan syarat untuk diangkat menjadi PNS,memberikan pengetahuan karakter tentang PNS yang memiliki wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika dasar,” kata Surtam.

Selain itu tujuan lainnya adalah agar para CPNS mendapat pengetahuan dasar dan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara bidang tugas dan budaya berorganisasi, agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

Sementara itu Bupati Bangka Mulkan SH MH mengatakan CPNS harus bersyukur kepada Allah SWT, karena dari 1.995 orang yang mengikuti seleksi pada tahun 2019, sebanyak 244 orang dinyatakan lulus seleksi CPNS.

“Diharapkan dapat mengikuti pelatihan dasar dengan baik, sebab belum lolos sebagai PNS baru sebatas lulus sebagai CPNS,jangan sampai nanti setelah mengikuti pelatihan dan pembekalan, tidak punya moral, tidak punya semangat dan tidak punya karakter sebagai pelayan masyarakat yang baik,” kata Mulkan.

Dikatakan Mulkan sebelum dilantik sebagai PNS nantinya akan ditanyakan apakah CPNS tersebut siap menjadi PNS sebagai pelayan masyarakat dan memiliki semangat serta cinta terhadap pekerjaan.

“Kami menekankan kepada CPNS harus disiplin, jika tidak disiplin maka tidak akan diloloskan sebagai PNS,” jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap sebanyak 7 angkatan diantaranya 5 angkatan golongan III dan 2 angkatan golongan II, semuanya berjumlah 244 orang 182 golongan III dan 62 golongan II berdasarkan hasil seleksi CPNS dari 1.995 orang.

Untuk program pembelajaran kurikulum pendidikan berpedoman pada Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan dasar CPNS sebanyak 500 jam pelajaran.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button