NEWS

Mulkan : Satpol PP Harus diberdayakan 

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 69 tahun, Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 100 tahun dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke 57 tahun.Pemerintah Kabupaten Bangka melakukan gelar pasukan.Rabu (10/4/2019) di halaman Kantor Bupati Kabupaten Bangka. 

“Peringatan ini untuk mengajak seluruh masyarakat bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan, menjunjung tinggi ideologi Pancasila menjadi sarana pemersatu bangsa,” kata Mulkan.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan Satpol PP Bangka harus diberdayakan, karena tugas Satpol PP adalah penegak perda dan penjaga aset daerah.

“Salah satu tugas satpol pp adalah untuk menyelamatkan daripada aset daerah, kedepan memang harus diberdayakan,” jelas Mulkan. 

Diakui Mulkan dalam penegakan perda sampai hari ini Satpol PP belum optimal kendati anggotanya susah sesuai kebutuhan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Jumlah anggota Satpol PP Kabupaten Bangka saat ini sebanyak 327 orang, sedangkan Permendagri Nomor 60 Tahun 2012 tentang keanggotaan Satpol PP,  di Kabupaten Bangka jumlah seharusnya 340 orang, tapi semua itu dinilai sudah terpenuhi dari kuota yang ditetapkan Permendagri.

“Kami nilai jumlah yang ada itu sudah memenuhi syarat, sehingga tinggal perlu peningkatan dan pengoptimalan kinerja selaku penegak perda,” kata Mulkan.

Ditegaskannya dengan bertambahnya usia Satpol PP ke 69, maka harus bisa lebih baik lagi dengan menegakkan perda yang ada di Kabupaten Bangka, apalagi hal itu berkaitan dengan ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Seperti Perda ketertiban umum yang berkaitan dengan pengelolaan sampah, itu harus ditegakkan supaya masyarakat tidak membuang sampah sembarangan lagi, bila perlu dituntaskan hingga pidana sesuai perdanya,” jelasnya.

Peran penting Satpol PP, Damkar dan Linmas tercermin dari tugas dan tanggungjawabnya, seperti Damkar melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Ditambahkannya Satpol PP juga tidak hanya bertugas menegakkan perda tetapi juga wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan atau hal-hal lainnya, sehingga siapapun masyarakat yang datang ke kantor bupati harus dilayani dengan baik.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button