NEWS

Meriahkan HUT Kota Sungailiat Ke 253 Pemkab Bangka Gelar Karnaval Budaya

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Sungailiat yang ke-253 Pemerintah Kabupaten Bangka menggelar karnaval budaya yang diikuti oleh peserta mulai dari pelajar SD, SMP, SMA hingga Instansi / Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Karnaval budaya ini dilaksanakan sebagai upaya melestarikan kembali kebudayaan daerah di tengah tengah masyarakat,serta menjaga eksistensi kearifan lokal Daerah dibutuhkan pengenalan kepada para generasi sehingga eksistensinya tetap familiar di masyarakat. 

“Tujuan mendasar kita selain memperingati HUT ke 253 Kota Sungailiat kita ingin mengangkat kembali potensi budaya lokal kita yang semakin hari semakin ditinggalkan generasi agar budaya yang telah ada selama ini dapat diangkat kembali,” ungkap Bupati Mulkan, S.H., M.H., Senin (29/4/2019) di panggung kehormatan.

Pada kesemepatan tersebut Mulkan berharap kepada masyarakat agar melestarikan ragam budaya yang telah ada sejak turun temurun sehingga keberadaannya tidak hilang dimakan oleh waktu. Bupati menambahkan bahwa Kabupaten Bangka memiliki aneka ragam kebudayaan yang telah ada sejak zaman nenek moyang.

“Harapannya tentu semua masyarakat kita harus melestarikan kebudayaan karena kita memiliki ragam budaya yang sangat banyak yang belum tentu dimiliki oleh daerah lain,”Ungkap Bupati.

Sementara itu Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, S.I.P., mengatakan bahwa kebudayaan tidak serta merta muncul begitu saja tetapi dibutuhkan pencetus sehingga sebagai generasi penerus semua elemen masyarakat memiliki tanggung jawab untuk menjaga eksistensinya.

“Kita sebagai generasi penerus wajib mempromosikan serta melestarikan budaya kepada generasi yang akan datang dan ini merupakan bentuk rasa syukur kita kepada para pendahulu kita,” katanya. 

Pada kesempatan yang sama pula PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Akhmad Mukhsin SH menginformasikan bahwa Pemkab Bangka akan menggelar perayaan ke kota yang yang lebih meriah untuk tahun mendatang.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Karnaval Budaya, Gustari menjelaskan jika ada 4 kriteria fokus penilaian tim juri kepada peserta yakni relavansi dengan tema, kreatifitas peserta, harmonisnya penampilan dan estetika atau keindahan.

“Untuk pengumuman pemenang akan disampaikan nanti, pada saat penutupan pentas seni di taman kota Sungailiat, 2 Mei 2019 nanti,” kata Gustari.

Event karnaval budaya dalam menyemarakkan HUT ke 253 Kota Sungailiat tersebut diikuti dari tingkat TK sebanyak 2 tim, tingkat Sekolah Dasar 23 tim, tingkat SLTP 8 tim, SLTA sederajat 5 tim, kategori umum atau instansi 42 tim yang ditambah tamu yakni lembaga adat 1 tim dan Dharma Wanita 1 tim.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close