NEWS

Kabupaten Bangka akan Ada Pelabuhan

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Pemerintah Provinsi Bangka Belitung berencana akan membangun pelabuhan di kawasan Dusun Tuing, Desa Mapur Kecamatan Riau Silip.

Berkenaan dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Bangka sangat mendukung rencana pembangunan pelabuhan tersebut. 

“Kami masih melakukan survey dan penyelesaian lahan, sedangkan master plannya sudah selesai dan ada di Provinsi,Bupati hanya merekomundasikan saja” jelas Mulkan,Selasa (9/4/2019) di Sungailiat. 

Dijelaskan Mulkan dibangunnya pelabuhan ini karena Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang sudah kewalahan untuk mengantisipasi bongkar muat.

“Pelabuhan Pangkalbalam kondisinya sudah kewalahan dan sempit,ketika ada pelabuhan penyangga  otomatis membantu alur mudik kegiatan kegiatan yang ada di pelabuhan, apalagi jika alur muara sungai surut jadi banyak kapal terhambat bongkar muat,” ungkap Bupati Bangka, Mulkan.

Dikatakannya pembangunan pelabuhan di Dusun Tuing tersebut dianggarkan oleh Pemprov Babel melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan luas lahan yang disiapkan 854 hektar dan dilokasi itu ada aset Pemkab Bangka seluas 5 hektar. 

Salah satu pertimbangan pembangunan pelabuhan di Dusun Tuing adalah melihat kedalaman air laut yang sangat menunjang baik untuk kapal besar walaupun kondisi air sedang surut.

“Secara kedalaman air dituing sudah menunjang, kita membangun pelabuhan tidak sembarangan, jangan sampai terjadi kegagalan seperti dipelabuhan niaga kita yang sampai saat ini tidak bisa dimanfaatkan oleh kapal kapal besar,” ungkap Mulkan. 

Rencananya pada tahun 2019 ini pihaknya akan membangun jalan sepanjang tujuh kilometer sebagai sebagai sarana pendukung dan aktifitas masyarakat di daerah itu.

Mulkan berharap sebelum pihak kontraktor menjalankan program pembangunan terlebih dulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat, sehingga tidak timbul permasalahan saat pembangunan dijalankan pemerintah.

“Mudah-mudahan tahun 2020 ini sudah dilaksanakan sebab Pemprov Babel sudah ada master plannya, kami selaku pemerintah daerah tetap mendukung itu selama untuk kesejahteraan rakyat,” harap Mulkan. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button