NEWS

Jelang Puasa Harga Bumbu Dapur Meroket

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Menjelang Bulan Puasa Ramadhan, beberapa harga barang kebutuhan di Pasar Sungailiat mengalami kenaikan.

Kenaikan tersebut, diantaranya terjadi pada harga bawang, dimana bawang putih merangkak naik, dari harga normal Rp. 28 ribu, pekan kemarin naik diharga Rp. 45 ribu rupiah, dan saat ini kembali naik diharga Rp. 60 ribu, sedangkan untuk harga bawang merah dikisaran Rp. 40 ribu  dari harga normal biasanya berkisar Rp. 28 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Perdagangan Kabupaten Bangka Tonny Marza, dikarenakan berkurangnya pasokan bawang yang terjadi sejak 2 pekan ini, yang kemungkinan akibat dari gagal panen dan banjir yang terjadi di Pulau Jawa, mengingat bawang yang ada di Bangka sebagian besar diimpor dari daerah luar.

Selain itu, kenaikan juga terjadi pada ayam potong seharga Rp.34 ribu dari harga normalnya berkisar Rp.27 hingga 28 ribu per kilogram, akibat banyaknya permintaan ayam sedangkan pasokan stabil.

“Kalok pasokan barang semuanya aman, gas juga aman, nah memang sekarang akibat ruah ini ada kenaikan disektor daging ayam, tapi kenaikannya masih wajar,” kata Tonny, Rabu (24/4/2019).

Untuk menekan kenaikan harga barang kebutuhan menjelang puasa ini, dikatakan Tony, pihaknya akan menggelar pasar murah melalui kerjasama dengan pemerintah provinsi dan distributor barang.

Fokus kegiatan akan dilaksanakan di 2 kecamatan yakni Sungailiat dan Belinyu, yang memiliki banyaknya permintaan konsumen.

“Memang pasar murah kami fokuskan di dua Kecamatan Sungailiat dan Belinyu, karena banyak peminatnya, sebelumnya pernah di kecamatan lain, tetapi kurang ada peminatnya,kasian distributornya harus bawa pulang kembali barang yang tidak laku, ” ungkapnya. 
 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button