NEWS

Hari Pertama UNBK di Smansa Sungailiat Berjalan Dengan Baik

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Hari ini Senin (1/4/2019) merupakan hari pertama ujian nasional berbasis komputer (UNBK) bagi seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) se Indonesia,  tidak terkecuali SMA Negeri 1 Sungailiat.

Sebanyak 305 siswa SMA Negeri 1 Sungailiat mengikuti UNBK sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Hari pertama UNBK diikuti oleh semua atau 100 persen siswa dengan mata pelajaran bahasa Indonesia,” kata Arpandi Ketua Panitia UNBK Satuan Pendidikan.

Dijelaskan Arpandi UNBK berlangsung serentak seluruh Indonesia dengan jadwal pelajaran yang sama yakni untuk hari kedua dengan mata pelajaran matematika, hari ketiga mata pelajaran bahasa Inggris dan hari keempat dengan mata pelajaran pilihan.

“Alhamdulillah UNBK hari ini berjalan dengan baik, dengan pengawas silang dari sekolah lain bukan mapel yang sama, ” ujarnya. 

Secara teknis, semua siswa UNBK di SMA Negeri 1 Sungailiat, sudah tersedia fasilitas komputer dengan jaringan internet yang memadai.

“Secara tehnis semua persiapkan, dan karena sudah setiap tahun dilaksanakan kendalanya sudah kami minimalisir,kami sudah menyediakan genset untuk mengantisipasi jika terjadi kendala pemadaman listrik oleh pihak Pt. PLN, meskipun sebelumnya sudah melakukan koordinasi,” jelasnya.

Arpandi berharap hasil UNBK dirubah polanya, minimal dihargai hasilnya karena menurutnya, hasil nilai bagi siswa peserta UNBK tingkat SMA sederajat tidak menentukan kelulusan karena yang bersangkutan dapat mengulang mengikuti ujian jika dinyatakan tidak lulus.

“Peserta yang dinyatakan tidak lulus UNBK dapat mengikuti kembali karena nilai UNBK tidak menjadi syarat mutlak masuk perguruan tinggi,” jelasnya.

Ditambahkannya syarat masuk perguruan tinggi diambil dari nilai raport siswa tersebut selama mengikuti kegiatan belajar di sekolah.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button