NEWS

Gubernur: Hati – hati Terhadap Stunting

Lensabangkabelitung.com, DESA KULUR, BANGKA TENGAH – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengingatkan masyarakat di Babel, Khususnya masyarakat Kabupaten Bangka Tengah, untuk berhati – hati terhadap Stunting.

“Saya mengingatkan, Stunting sudah banyak, hati-hati gejalanya otak besar tapi terlihat kurang pintar,” kata Gubernur di sela – sela sambutannya pada acara pemberian bantuan kepada Masjid Nurul Falah, Desa Kulur, Bangka Tengah, Selasa (9/4/2019).

Gubernur menjelaskan, salah satu faktor penyebab Stunting itu adalah menikah terlau dini atau muda, selain belum siap secara umur, kawin muda rentan terhadap kurangnya asupan giji.

“Ibunya terlalu kecil. Asupan gizinya kurang. Kawin muda umur baru 16 tahun,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Gubernur, menikah secara muda mengakibatkan timbulnya perceraian antar dua belah pihak. “Menikah muda, bertengkar, maka akan berpisah, dan orang tua yang susah,” ungkap Gubernur.

Oleh sebab itu, Gubernur menghimbau kepada orang tua jangan menikahkan anaknya terlau muda. “Ibu-ibu, tolong jaga benar-benar, dan anak-anak itu belum siap jadi ibu atau bapak dari anak – anak,” tambahnya.

Sementara itu, berkenaan dengan Stunting ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel sebelumnya kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penangulangan dan Penanganan Stunting dengan Organisasi Perangkat (OP) terkait di Lingkungan Pemprov Babel.

Rakor Penangulangan dan Penanganan Stunting di pimpin langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Abdul Fatah, Kamis (5/4/2019) di ruang rapat kerja Wagub Lantai I Kantor Gubernur Babel, di Air Itam Pangkalpinang.

Wagub Abdul Fatah usai memimpin rapat tersebut, menegaskan, untuk saat ini, Pemprov Babel sedang melakuan proses akurasi data-data stunting dari masing-masing OPD mulai data stunting tingkat desa sampai Kabupaten.

“Data-data stunting yang memuat per desa, per Kabupaten dan dimuat kembali dalam data by name, by addres,” jelas Wagub.

Setelah itu, kata Wagub, data stunting tersebut akan ditindaklanjuti oleh OPD terkait, sehingga mempercepat penanggulangan stunting.

Penulis : ADV/Humaspro/Mislam

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button