NEWS

Gubernur Erzaldi Tanam Bibit Lada Berkualitas

Lensabangkabelitung.com, PAYUNG, BANGKA SELATAN – Dalam upaya mendukung program kejayaan lada di Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, didampingi Kepala Dinas Pertanian Babel, Selasa (2/4/2019) siang melakukan penanaman bibit lada berkulitas di area Balai Pertemuan Desa Payung.

Penanaman lada dilakukan usai memberikan arahan dan motivasi terhadap ratusan Petani Lada di Desa Payung pada Kegiatan Peningkatan Kapabilitas Penyuluhan dan SDM Pertanian tahun Anggaran 2019 yang diselenggarakan Dinas Pertanian Provinsi Babel.

Gubernur Erzaldi usai melakukan penanaman lada secara simblois menegaskan, target Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel untuk mendorong kemajuan tanaman lada yaitu meningkatkan hasil produktivitas lada dari para petani lada yang berada di Babel.

“Jangan terpengaruh oleh harga lada, kita harus tetap meningkatkan poduktivitas. Produktivitas yang tinggi itulah target kita,” tegas Gubernur.

Gubernur menjelaskan, untuk saat ini, Pemprov Babel telah ditunjuk menjadi pengadaan bibit lada, dan bibit tersebut sudah di pesan oleh provinsi lain. Namun hal itu belum bisa dilakukan karena pemerintah ingin fokus pada petani lada yang ada di Babel dahulu baru nantinya bisa kirim ke daerah lain yang meminta bibit tersebut.

“Lada akan mendapat pesanan dari Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Sulawesi dan Kalimantan. Kita di tunjuk menjadi pengadaan bibit lada, tetapi kita ingin menyesuaikan dulu kepada masyarakat kita. Kalau masyarakat sudah terpenuhi baru kita kirim keluar,” ujarnya.

Gubernur menambahkan, program bibit lada ini, bertujuan untuk mengembalikan kejayaan lada. “Tentunya, program yang kita lakukan sekarang adalah fokus untuk mengembalikan kejayaan lada. Lada Babel itu sangat marketable atau dibutuhkan orang, tinggal kita saja mencari strategi bagaimana kejayaan ini kita raih kembali,” ujar Gubernur Erzaldi.

Penulis : ADV/Humaspro/Mislam

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button