NEWS

Desa Kimak dan Kelurahan Jelitik Wakili Kabupaten Bangka Ke tingkat Provinsi 

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Desa Kimak dan kelurahan Jelitik mewakili Kabupaten Bangka dalam lomba desa dan kelurahan pada tingkat Provinsi.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Desa Kabupaten Bangka Arman Agus menjelaskan lomba desa dan kelurahan tahun ini dipilih kimak dan jelitik karena mereka dinilai sudah siap. 

“Desa Kimak mewakili kabupaten Bangka dan untuk kelurahan dari 19 kelurahan alhamdulillah kelurahan jelitik mewakili kelurahan di Kabupaten Bangka ke tingkat Provinsi, ” ungkap Arman Agus Selasa (30/4/2019) acara lomba desa dan kelurahan di Jelitik. 

Dari sembilan tim penilai provinsi yang tergabung seluruh OPD terkait,Arman berharap dari desa kelurahan ada, yang terbaik untuk tingkat satu untuk kategori desa maupun kelurahan tingkat Provinsi kepulauan Bangkabelitung. 

“Juara satu pada tingkat Provinsi Bangkabelitung akan mewakili pada tingkat Nasional,” jelasnya. 

Untuk penilaian ada tiga kategori yang akan dinilai, untuk Desa masalah inovasi desa, administrasi dan partisipasi masyarakat menggali potensi potensj yang ada di desa tersebut. 

” Dari tiga item yang dinilai ada tujuh item,yang selama ini proses administrasi kita sudah mengirim semua berkaitan dengan profil desa

sudah diaudit oleh pihak provinsi, dan di Bulan Juni dari kabupaten Kota sebangka belitung diambil tiga terbaik untuk desa dan kelurahan, untuk dilombakan ketingkat provinsi,” jelasnya. 

Untuk inovasi di desa kimak dikatakan Arman cukup banyak seperti pelayanan terpadu,sistem administrasi dimana mereka sudah mempunyai office pelayanan terpadu,untuk adminstrasi dari masyarakat didesa menggali potensi yang ada seperti lahan yang tidak terpakai ditaman dengan 30 hektar sawit dan sudah menghasilkan, dan menjadi pendapatan bagi desa.

“Kelompok kreatif dari masyarakat juga ada, jamur tiram, teh daun pelawan,yang dinilai didesa inovasi yang biaa mensejahterakan masyakat, dan kesiapan desa kimak tidak sia sia, ” ungkap Arman. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button