NEWS

Bukit Layang Siap Dukung Penyediaan Pangan Bangka

Lensabangkabelitung.com, Bukitlayang – Berbagai potensi yang dimiliki desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka yang belum sepenuhnya dikembangkan, salah satunya, desa tersebut memiliki lahan pertanian , yang siap ditanami padi. Keberadaan persawahan padi tersebut diharapkan bisa menunjang sektor pertanian di Kabupaten Bangka, khususnya ketersedian pangan.

“Dengan potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian, seharusnya para petani harus berperan aktif dalam usaha memanfaatkan penyediaan pangan khususnya padi,” Kata Andry.Kepala Desa Bukit Layang,Minggu (31/3/2019).

Kedepan sektor pertanian harus menjadi sektor ekonomi yang memiliki keunggulan komparatif dan menjadi kontributor utama sekaligus prime mover dalam perekonomian. 

Untuk mewujudkan keberhasilan di sektor pertanian di desa Bukit Layang, menurut Andry, ada empat langkah pokok yang harus dilalui yakni, peningkatan kemampuan petani dan penguatan lembaga pendukungnya, pengamanan ketahanan pangan, peningkatan produktivitas, produksi dan data saing produk pertanian, pemanfaatan hutan untuk divertifikasi usaha dan mendukung juproduk pangan.

Namun dalam peningkatan padi tersebut, juga dipersiapkan SDM, sebab peranan petani sebagai subyek pembangunan pertanian sangat besar.

“Penyuluhan dan pembinaan terus menerus perlu dilakukan, sampai akhirnya dapat meninggalkan cara tradisonal dan beralih kepada penguasaan pengetahuan dan ketrampilan mengenai budidaya tanaman padi dengan tehnologi yang lebih maju, mengunakan bibit unggul dan lainya,” jelasnya.

Dikatakan Andry, untuk memenuhi target produksi nasional sebesar 73.40 juta ton, maka setiap ditargetkan besaran capaiannya. Sedangkan kontribusi provinsi Babel, terhadp capaian produksi pada tahun 2017 lalu, sebesar 39.292 ton gabah kering giling atau setara beras 25.015 ton dengan kenaikan produksi sebesar 12, 83 % dari tahun 2016 yang hanya mencapai 35.388 ton.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close