NEWS

Bersepeda, Kapolda Babel Pantau Kesiapan TPS di Pangkalpinang Jelang Pemilu 2019

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kapolda Bangka Belitung Brigadir Jenderal Istiono mengecek sekaligus memantau kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kota Pangkalpinang. Dengan bersepeda bersama para pejabat utama, Kapolres, Kapolsek, Walikota, KPU dan Bawaslu, Kapolda mengecek kesiapan di TPS 07 Kelurahan Kejaksaan Kecamatan Taman Sari dan TPS 4 Kelurahan Masjid Jamik Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang.

“Kesiapannya sangat bagus sekali. KPPS dan perangkatnya juga telah siap. Tadi kita lihat juga bagaimana rangkaian dari awal pelaksanaan di TPS yang disimulasikan. Termasuk praktek dan simulasi waktu pencoblosan,” ujar Istiono kepada wartawan, Jumat, 5 April 2019.

Menurut Istiono, pihaknya cukup puas dengan waktu pada saat pencoblosan yang saat disimulasikan sudah sesuai dengan perkiraan. Hal tersebut dikarenakan waktu normatif pencoblosan dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai dengan proses hasil rekapitulasi penghitungan pada pukul 02.00 WIB.

“Nanti kalau ada kendala sedikit seputar waktu yang molor itu situasional. Yang penting sesuai dengan daftar pemilih yang terdaftar di TPS itu. Karena waktunya bisa sampai dinihari, kita minta petugas siap mental bekerja dengan maksimal,” ujar dia.

Istiono menuturkan anggota TNI dan Polri sudah siap melakukan pengamanan di seluruh TPS yang ada di Bangka Belitung sekaligus meyakinkan masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya agar tidak golput.

“Kita all out berikan keyakinan kepada masyarakat agar animo pemilih benar-benar maksimal dan ikut berpartisipasi jangan sampai golput. Kita juga berkunjung ke TPS-TPS untuk meyakinkan masyarakat,” ujar dia.

Istiono menambahkan posisi TNI-POLRI akan tetap netral dalam mengamankan TPS hingga ke TPS yang paling jauh. Masyarakat diminta tidak khawatir ikut pencoblosan karena keamanannya dijamin oleh TNI-POLRI.

“Percayakan keamanan kepada kita. Kita sudah siap mengamankan pemilu dengan berada di posisi netral,” ujar dia.

Penulis : Vio

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button