NEWS

Belum Diketahui Penyebab Terbakarnya KIP Krakatau PT.Timah di Alur Muara Air Kantung

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kapal Isap Produksi (KIP) Krakatau Tin milik PT Timah terbakar di perairan Sungailiat, kebakaran terjadi sekira pukul 09.00 WIB, sejauh 3 mil dari pantai Air kantung.

Belum diketahui apa penyebab kebakaran,diduga berasal dari mesin kapal, yang juga mengeluarkan asap hitam tebal yang menyelimuti seluruh badan kapal isap itu. 

“Jadi kami mendapat kabar ,kami langsung berupaya memberikan pertolongan dengan mengerahkan beberapa kapal nelayan untuk membantu pemadaman api,” jelas Ridwan, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka.Kamis (11/4/2019).

Beberapa nelayan yang sedang melaut langsung mencoba membantu memadamkan api dengan alat seadanya.

“Kita bantu di situ. Jadi saat dapat kabar dari nelayan, kita langsung ketempat kejadian, dan berusaha membantu semampu kami,”jelas Ridwan.

Tidak ada korban jiwa pada kejadian kebaran tersebut, namun beberapa ABK dan kuasa kapal, mengalami luka lecet dibagian tangan ketika melakukan pemadaman api. 

“Tadi saat saya juga iku pantau, ada beberapa orang luka kecil, dan satu sepertinya kuasa kapal yang luka lecet,” lanjutnya.

Selain bantuan dari pihak nelayan, terlihat juga terdapat beberapa kapal tambang yang ikut memadamkan api menggunakan semprotan peralatan tambang mereka. ”Tadi juga sudah ada pihak dari pemadam PT Timah, yang segera memadamkan api. Untuk sekarang sudah terkendali. Api juga sudah padam,” jelasnya.

Sementara itu kepala Humas pt timah tbk Anggi Siahaan membenarkan kapal timah tersebut terbakar diperairan air kantung sekitar jam 09.00 pagi tadi.

Dikatakanya bahwa tim evakuasi sudah turun di TKP untuk meminamalisir dampak kebakaran tersebut.

Kebakaran dikapal berhasil dipadamkan dan pihaknya juga melakukan investigasi tentang penyebab kebakaran yang berkoordinasi dengan inspektur tambang (IT) sesuai ketentuannya,” ungkapnya.

Kapolres bangka AKBP M.Budi melalui Kasat polair ELpiandi mengatakan bahwa pihaknya bersama kapal patroli direktorat polair bangka belitung (babel) mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

Menurutnya sebanyak 10 personil satuan polair polres bangka diturunkan untuk mendatangi dimana TKP terbakarnya kapal isap.

Sesampai di TKP bahwa kapal Krakatau pt timah yang terbakar itu,api nya telah padam dan terlihat kapal tersebut pada bagian tengah kapal ,tepatnya dibagian mesin mengalami tanda/bekas kebakaran,ungkapnya.

Bedasarkan keterangan ,selain kapal nelayan yang memberikan bantuan pemadam kebakaran tersebut,ada beberapa kapal tambang sekitar yang ikut membantu memadamkan api.

Untuk sebab dan akibat kapal itu terbakar ataupun akibat secara materil,pihaknya belum bisa memastikan dan belum adanya laporan untuk itu.

“Atas kebakaran kapal isap diperairan air kantung ini tidak ada korban jiwa,ujarnya.

Dari direktorat polair babel sudah turun di TKP dan menanganinya,kalau investivigasi tentang kebakaran kapal tersebut tetap ahlinya sesuai ketentuan pt timah.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close