NEWS

Belajar Pengelolaan dana Kelurahan, Pemkab Banyumas Studi Komprehensif ke Pemkab Bangka

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Pemerintah Kabupaten Bangka meneriman kunjungan studi komprehensif terkait pengelolaan dana Kelurahan Pemerintah Kabupaten Banyumas Propinsi Jawa Tengah, kamis (25/4/2019) di OR Bina Praja Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bangka.

Pada kegiatan tersebut rombongan dari Pemkab Banyumas diterima oleh Bupati Bangka yang diwakili Staf Ahli Bupati Bangka bidang Politik dan Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bangka Restunemi.

Dihadapan rombongan Pemkab Banyumas, Restunemi menyampaikan terkait profil Kabupaten Bangka. Mulai dari luas daerah, jumlah penduduk, jumlah, Kecamatan, Kelurahan damn Desa yang ada, struktur Pemerintahan serta hal terkait lainnya. Dijelaskannya Kabupaten Bangka ini merupakan Kabupaten tertua. Dimana secara administratif memiliki delapan Kecamatan. Sebelum jadi Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, kami Kabupaten bangka merupakan salah satu Kabupaten yang masuk dalam Propinsi Sumatera Selatan.

“Terkait pengelolaan dana Kelurahan. Tahun 2019, kita sudah mengganggarkan dua Kecamatan yang memiliki Kelurahan ini (Kecamatan Sungailiat dan Kecamatan Belinyu-red) hampir Rp. 6 Milyar,” jelasnya

Untuk studi komprehensif Pemerintah Kabupaten Banyumas tentang pengelolaan dana Kelurahan, sehabis sharing dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang hadir pada kegiatan ini, rombongan Pemerintah Kabupaten Banyumas bisa langsung menuju OPD terkait.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Banyumas yang diwakili Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas Sriyono selaku pimpinan rombongan kunjungan studi komprehensif dalam sambutannya menyampaikan kirim salam dan salam hormat dari Bupati mereka teruntuk Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka.

“Dari informasi yang Pemerintah Kabupaten Banyumas dapatkan, di Pemerintah Kabupaten Bangka ini memiliki satu Kelurahan percontohan yang menjadi juara satu tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung bidang pemerintahan dan pengelolaan keuangan. Kami penasaran, rasa penasaran ini, kami datang ke Kabupaten Bangka ini, belajarlah kami kesini,”ujarnya.

Dijelaskannya, dalam rombongan studi komprehensif pengelolaan dana Kelurahan yang dipimpinnya. Dirinya datang bersama 42 orang yang terdiri dari Kabag. Pemerintahan Setda Kabupaten Banyumas, lima Camat dan 30 Lurah.

Dijelaskannya profil Pemkab Banyumas, daerahnya memiliki 27 Kecamatan, 30 Kelurahan dan 301 Desa.  Dengan jumlah penduduk kurang lebih 1,8 juta orang.

“Kami panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, atas berbagai rahmad dan nikmat-Nya, sehingga kami bisa bersilaturahmi dari Pemerintah Kabupaten Banyumas ke Pemerintah Kabupaten Bangka,” ungkapnya.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka Asmawi Alie, Kasat Pol.PP Kabupaten Bangka Dalyan Amri, Plt.Camat Belinyu Restu Ing, serta tamu undangan lainnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button