NEWS

Tingkatkan Kwalitas Pendidikan Dinas Pendidikan Bangka Gelar Diklat Bagi Kepsek

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak 90 orang kepala sekolah (Kepsek) se-Kabupaten Bangka, mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) penguatan kompetensi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka.Senin (4/3/2019) di hotel ST 12 Sungailiat. 

Kepala dinas pendidikan Bangka Padli menjelaskan bahwa diklat ini wajib dilaksanakan oleh kepala sekolah. 

“Diklat ini wajib hukumnya untuk diikuti, karena salah satunya kompetensi kepala sekolah, jadi saya harapkan nanti bapak/ibu kepala sekolah harus betul betul mengikuti diklat ini,karena ini bukan hanya formalitas aja,” jelas Padli. 

Diklat ini dilaksanakan agar kwalitas pendidikan kedepan lebih baik,mulai dari keorganisasian sekolah,administrasi serta bagimana peningkatan guru untuk mendidik anak anak, tidak lepas juga pendidikan karakter anak. 

“Guru harus bisa menjadi contoh bagi anak didiknya untuk masa depan, ” ungkapnya. 

Sementara itu ketua Pelaksana Kegiatan Diklat Kepsek, Edward mengatakan diklat penguatan kompetensi merupakan salah satu bentuk pemenuhan atas tuntutan Peraturan Menteri dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 06 Tahun 2018 tentang Penugasan guru sebagai kepala sekolah.

“Diklat penguatan kompetensi kepsek ini diikuti sebanyak 90 orang terdiri dari 82 orang kepsek SD dan delapan orang kepsek SMP baik negeri dan swasta se-Kabupaten Bangka,” kata Edward.

Menurutnya dalam Permendikbud diwajibkan bagi setiap kepala sekolah mulai jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk  memiliki surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan (STTPP) kepala sekolah.

“Diklat dilakukan melalui dua program, yaitu penyiapan calon kepala sekolah (bagi guru yang akan diangkat sebagai kepala sekolah) dan yang kedua penguatan kompetensi kepala sekolah bagi kepala sekolah yang sudah duduk lama dalam jabatan tetapi belum memiliki sertifikat,” katanya.

Diklat ini terselenggara atas kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka, Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai LPD penyiapan dan penguatan kepala sekolah.

Diklat ini untuk kegiatannya dengan pola in service training dengan alokasi waktu 71 jp atau tujuh hari dari tanggal 4 Maret – 10 Maret 2019. Dengan tenaga pengajar berjumlah lima orang berasal dari widyaiswara LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Peserta diklat akan menerima materi tentang lima kompetensi kepala sekolah yaitu kepribadian, sosial, manajerial, supervisi GTK dan kewirausahaan,” katanya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button