NEWS

Tahun 2018,Kasus TBC di Kabupaten Bangka Capai 519

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Angka penemuan kasus TBC di Kabupaten Bangka pada tahun 2018 sebanyak 519 kasus atau sebesar 49 persen sedangkan berdasarkan estimasi bahwa penderita TBC selama tahun 2018 sebanyak 1.096 kasus.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Anggia Murni.

Menurutnya masih ada sekitar 51 persen yang belum ditemukan dan belum diobati, apalagi sudah bermunculan kasus TBC kebal obat yang harus menjadi perhatian bersama dan sebagai program prioritas saat ini ada tujuh kasus TBC kebal obat yang sudah ditangani serta ada beberapa hal yang menjadi tantangan kendala dalam penanggulangan penyakit TBC di Kabupaten Bangka.

“Kami harap melalui kegiatan advokasi dan sosialisasi ini bersama-sama tuntaskan penyakit TBC di Kabupaten Bangka,” katanya.

Dinas Kesehatan dapat memperhatikan dan mengawasi masyarakat yang terkena TBC di wilayah masing-masing supaya bisa segera ditindaklanjuti.

Ditambahkan Anggia untuk menuntaskan kasus ini peran semua pihak sangat dibutuhkan, dari Kepala Desa hingga RT, diharapkan bisa berperan dan melaporkan ke petugas medis bahwa masyarakatnya ada yang terserang TBC untuk segera diobati.

“Jangan takut dan malu bagi warga yang menderita penyakit TBC, karena kami ingin memberikan pengobatan dan perhatian supaya bisa sembuh,” harapnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button