NEWS

Sukseskan Pemilu 2019, KPU Bangka Gelar Rakor Dengan Stakeholder 

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menggelar Rapat Koordinasi dengan stakeholder terkait pengamanan Pemilu Tahun 2019.

Komisioner KPU Bangka, Divisi tehnis penyelenggaraan pemilu Imam Supiar,menjelaskan Rakor ini dilaksanakan untuk lebih memantapkan setiap tahapan, terutama tahapan pengamanan diantaranya pengamanan logistik kedepan.

“Ketua KPU Bangka saat ini berada di tempat percetakan surat suara di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk mengawasi langsung proses cetak surat suara yang menjadi perhatian seluruh Ketua KPU termasuk Bawaslu mengikuti pengecekan dan pengamanan proses pencetakan surat suara,”jelasnya. Senin (4/3/2019) di Hotel Manunggal Sungailiat. 

Setelah dicetak sampai ke proses pengepakkan akan diperhatikan agar nanti pada saat pengiriman prosesnya tidak ada kesalahan.

“Kami mendapat usulan oleh KPU RI agar semua proses itu dilihat, diperhatikan dengan seksama, agar pada saat menerima semua bentuk logistik itu tepat, sesuai dengan asas pemilu yaitu tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu,” katanya.

KPU Bangka juga melakukan fokus terkait pengamanan tahapan karena setiap tahapan ada persoalan yang harus diantisipasi, walaupun di wilayah Kabupaten Bangka hingga saat ini masih dalam kategori kondusif.

Sebagai penyelenggara KPU berharap jika terjadi masalah masih bisa diselesaikan bersama dan bisa dilakukan proses pencegahan termasuk melihat para peserta pemilu yang masih kooperatif tidak bergerak secara diam diam.

“Proses perjalanan tahapan kami perhatikan agar nanti pada saat menemukan masalah bisa ditemukan cara untuk menyelesaikannya,” katanya.

Dikatakan Imam pihaknya juga telah melakukan tahapan mulai dari pencalonan, pendaftaran partai politik, pendataan pemilih, proses pendaftaran pemilih tambahan guna menjaring pemilih dari luar daerah agar tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan metode yang diakui dalam aturan yakni pemilih dalam daftar pemilih tambahan.

Sementara itu restunemi staf ahli bidang pemerintahan dan politik mengatakan proses tahapan pemilu sudah dilaksanakan 90 persen,itu artinya sudah menuju final. 

” Jadi kami sangat berterima kasih pemkab Bangka bersama kapolres ,kejaksaan negeri, koramil dan jajarannya,pelaksanaan proses tahapan pemilu presiden maupun legislatif bisa berjalan dengan lancar. Saya yakin jika kita mau melakukan pekerjaan dengan sinergisitas dan kerjasama bisa terlaksana dengan lancar,” jelas Restunemi. 

Dikatakan Restunemi kendala tidak akan terjadi jika semua sama sama memahami apa yang akan dikerjakan,waktunya kapan, siapa yang bertanggung jawab.

“Jadi saya rasa perlu ini,perlu didukung komitmen bersama seluruh stakeholder untuk mensukseskan Pemilu, ” harap Restunemi. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button