NEWS

Satpol PP Bangka Hentikan Aktifitas TI di Belakang SDN 6 Deniang

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Terkait adanya laporan dari para guru serta masyarakat keberadaan Tambang Inkonvensional (TI), yang ada di lingkungan SDN 6 Deniang Kecamatan Riau Silip, langsung ditanggapi pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  Kabupaten Bangka memantau aktivitas tambang, yang beroperasi di belakang SDN tersebut.Selasa (5/3/2019).

Tim Satpol PP Kabupaten Bangka memantau aktivitas tambang, yang dipimpin Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bangka, Achmad Suherman, meminta para pekerja dan pemilik TI Tim Satpol PP Kabupaten Bangka, untuk menghentikan dan membongkar peralatan TI tersebut.

Dikatakan Suherman dari hasil pantauan kondisi di lokasi tersebut menurutnya daerah kantung resapan air ditembok menjadi daratan, ditambah lagi kondisi sekitar aliran sungai terjadi sendimentasi,sehingga saat hujan deras mengakibatkan air meluap dan banjir. 

“TI ilegal sudah dibongkar peralatannya. Alasan pemilik untuk menembok. Hal ini kami menghentikan. Karena tidak ada izin teknis lokasi tersebut. Harus di advis plening dulu atau tim dulu dikaji secara teknis,” tegas Suherman.

Menurutnya, jangan sampai penembokan yang dilakukan merugikan lingkungan sekitar. Apalagi memindahkan aliran sungai.

“Kondisi ini sangat berbahaya kalau tidak dikaji secara teknis,” kata Suherman.

Pihak SDN 6 sudah komplain dengan adanya aktivitas TI tersebut karena berada pas di belakang sekolah,Kondisi ini juga menyebabkan suara bising bunyi mesin TI sehingga mengganggu aktifitas anak belajar.

“Kami mohon kiranya agar masyarakat bijak pada fasilitas umum dan kepentingan orang lain. Bukan hanya memikirkan kita sendiri. Istilahnya tanah ku sekenak ku be,punya ku tapi kita makhluk sosial dan hidup bermasyarakat dan bernegara,” ungkap Suherman.

Ia juga menyesalkan karena saat mereka ke lokasi TI ternyata masih ada sakan penambangan.

“Jadi kami suruh bongkar dan apabila masih berjalan tim gabungan akan turun dari kepolisian dan TNI,” tegas Suherman.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button