NEWS

Penyidik Ditreskrimsus Limpahkan Berkas Tahap 2 Kasus Penyelundupan Timah ke Kejaksaan

Lensabangkabelitung, PANGKALPINANG – Berkas tahap 2 perkara penyelundupan timah dari Pelabuhan Pangkalbalam dilimpahkan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung ke Kejaksaan.

Kepala Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung Komisaris Siswantoro mmengatakan sebanyak dua orang tersangka yang berinisial LZ dan ER berikut 2,5 ton timah ilegal berbentuk lempengan diserahkan ke Kejaksaan untuk dilakukan proses selanjutnya.

“Berkas sudah tahap dua. Dua orang tersangka yang berinisial LZ dan ER beserta 2,5 ton barang bukti timah lempengan sudah kita serahkan ke kejaksaan Kamis kemarin,” ujar Siswantoro kepada wartawan, Senin, 25 Maret 2019.

Menurut Siswantoro, kasus tersebut terungkap setelah pihaknya menerima informasi adanya pengiriman balok timah secara ilegal melalui pelabuhan dengan tujuan Tanjung Priok Jakarta.

“Ada satu mobil truk dengan nomor polisi Z 8754 WI yang kita curigai karena pergerakan kendaraan itu saat tiba di Pelabuhan Pangkalbalam mencurigakan. Setelah kita lakukan pemeriksaan, ternyata benar ada ratusan timah ilegal yang diduga produksi rumahan tersimpan didalam truk yang dikendarai ER yang bermuatan besi rongsokan,” ujar dia.
Siswantoro menuturkan balok timah ilegal tersebut terdiri dari dua jenis cetakan, yakni persegi panjang dan berbentuk lempengan bulat.

“Timah persegi panjang berjumlah 157 buah dengan berat 2,1 ton dan timah berbentuk lempengan sebanyak 50 buah dengan berat 390 kilogram. Jadi total semua 2,5 ton. Kalau dirupiahkan nilainya lebih dari Rp 500 juta,” ujar dia.

Siswantoro menambahkan pihaknya mengharapkan peran aktif masyarakat dalam memberikan informasi kepada petugas jika mengetahui adanya tindak pidana.

“Informasi yang disampaikan akan mempermudahkan petugas dalam mengungkap adanya pelanggaran. Untuk itu peran masyarakat sangat penting bagi kepolisian,” ujar dia.

Penulis : Vio

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button