NEWS

Optimalkan Pengawasan Kampanye di Media, Bawaslu Gelar Rakor

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dalam rangka untuk mengoptimalisasikan pengawasan kampanye di Media massa pada Pemilu 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka, menggelar Rapat koordinasi (Rakor) bersama seluruh unsur terkait Pemilihan umum (Pemilu) yang akan datang, Selasa (26/3/2019), di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bangka.

”Hari ini kita ingin besama-sama memahami, bahwa ada beberapa hal yang ingin kita koordinasikan terkait mekanisme rapat umum yang sudah dimulai pada tanggal 24 Maret 2019 lalu,dan iklan kampanye di Media massa yakni 21 hari sebelum hari H,” jelas Zulkifli selaku kordiv pengawasan humas dan hubal Bawaslu Kabupaten Bangka,Selasa (26/3/2019) di Sekretariat Bawaslu Bangka. 

Zulkifli menjelaskan untuk iklan kampanye  parpol dan paslon difasilitasi oleh KPU RI,sedangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, tidak dapat memfasilitasi iklan kampanye partai politik di Media massa ditingkat Kabupaten 

”Memang DPD (Dewan Perwakilan Daerah) dan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) provinsi difasilitasi oleh KPU Provinsi. Sementara KPU Bangka, tidak ada juknis untuk memfasilitasi itu,” jelasnya.

Untuk itu, bawaslu menghimbau kepada parpol peserta pemilu bersama calon legislatif yang ada di Kabupaten Bangka, agar dapat mengikuti aturan pelaksanaan kampanye melalui iklan di Media massa, mengingat pemasangan iklan di media bisa dilakukan sendiri oleh setiap parpol secara mandiri.

“Kami sudah membuat surat himbauan terkait dengan larangan kampanye pada saat rapat umum lalu, sudah ada jadwal umumnya baik paslon maupun politik,namun ada indikasi satu partai yang ingin melakukan rapat umum, sayangnya belum mengirim secara resmi suratnya,sedangkan untuk izin apa saja yang dibutuhkan untuk keamanan nanti disampaikan Pak Kasat,”jelas Zulkifli. 

Pada rakor kali ini Bawaslu Bangka turut mengundang Pihak kepolisian, KPU, KPID, Parpol serta para awak media.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button