NEWS

Oknum Satpol PP Bangka Terlibat Narkoba, Tertangkap di Bangka Tengah

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Satpol PP Kabupaten Bangka berinisial RM tertangkap karena terlibat kasus narkoba di Polres Bangka Tengah,hal ini dibenarkan Kepala Satpol PP Kabupaten Bangka M Dalyan Amrie. 

“Kami sudah mengetahui adanya informasi tersebut, biasanya ada laporan langsung dari Polres Bangka Tengah, hingga saat ini belum ada laporan kepada kami, tetapi sudah kami laporkan ke Bapak Bupati,” Ungkap Dalyan. Senin (11/3/2019)

Untuk tindakkan dikatakan Dalyan,  dari Pemkab Bangka terkait tertangkapnya oknum PNS satpol pp belum ada. 

“Setelah ada laporan disampaikan baik selaku atasan langsung, maupun kepemerintah daerah,nanti baru kita lihat,menyangkut masalah ASN,itu ada aturan,” jelas Dalyan. 

Menurut Dalyan tindakan terhadap RM diberikan setelah ada laporan langsung kepadanya selaku atasan langsung Oknum PNS satpol pp itu atau ke pemerintah daerah. 

Dalyan mengaku, kurang mengetahui pasti apakah RM yang merupakan Staf Satpol PP Kabupaten Bangka Bidang Penegakan Raperda tersebut sudah lama terjerumus dunia narkoba. 

“Dari informasi yang diterima ia  ditangkap pada hari Jumat (8/3/2019) lalu oleh Tim Polres Bangka tengah, tetap saat ditangkap RM sedang di luar jam dinas. Informasi terakhir di tahan di Polres Bangka Tengah,” kata Dalyan.

Dijelaskan Dalyan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), apabila ditahan jadi tersangka maka harus diberhentikan sementara.

Oknum ASN tersebut hanya mendapatkan gaji pokok yang diberikan gaji sebesar 50 persen.Tetapi sanksi terhadap oknum PNS terlibat narkoba tersebut diberikan oleh pejabat pembina kepegawaian yakni bupati. 

Untuk itu pihaknya masih menunggu surat resmi penangkapan dari Polres Bangka Tengah yang dalam masih proses BAP.

Dalyan berharap Polres Bangka Tengah bisa secepatnya menyampaikannya ke Pemkab Bangka.

Sementara itu Bupati Bangka Mulkan mengatakan bahwa sudah memerintahkan Kasat Pol PP  untuk datang langsung ke TKP yakni dipolres bangka tengah.

Jika benar pegawai ASN tersebut mengunakan narkoba maka dirinya selaku Bupati Bangka akan mengambil tindakan untuk melakukan pemberhentian sementara.

Menurut Mulkan ASN yang terlibat narkoba bisa disebabkan faktor lingkungan,teman yang salah langkah,yang pasti kembali pada person masing masing.

Saat disinggungkan bahwa ASN tersebut masih ada hubungan saudara dengan salah satu mantan pejabat dipemkab Bangka, dikatakan Mulkan bahwa yang namanya hukum semua sama dan dirinya tidak memandang itu siapa.

“Yang namanya hukum semua sama,tidak memandang siapa, kerabat siapa, nanti kita ikuti secara mekanisme hukumnya. Kalau hukum mengatakan bahwa itu salah maka tetap harus ikuti jalannya hukum,” tegasnya. 

Untuk meminimalisir terjadinya hal seperti ini Bupati Bangka Mulkan akan melakukan tes urine secara kontinyu kepada Satpol PP Bangka.

“Jadi jangan coba coba,untuk semua PNS termasuk tenaga kontrak,kita akan bekerjasama dengan BNK,” tegas Mulkan. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button