NEWS

Meriahkan STQ ke XI,Pemkab Bangka Gelar Pawai Ta’aruf 

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dalam rangka memeriahkan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XI Kabupaten Bangka, sebanyak 250 peserta perwakilan dari delapan kecamatan mengikuti pawai Ta’aruf,yang dilepas langsung oleh Bupati Bangka Mulkan,di halaman Dinas Kediaman Bupati Bangka Selasa (19/3/2019).

Dalam sambutannya Bupati Bangka Mulkan, mengatakan seleksi tilawatil Qur’an merupakan salah wadah, pembinaan umat, yang bertujuan untuk membumikan Kitab Suci Al-Qur’an. 

Salah satu rangkaian kegiatan STQ adalah, dengan diselenggarakannya pawai ta’aruf, yang bertujuan untuk memeriahkan STQ Kabupaten Bangka yang akan di laksanakan di Masjid Agung Sungailiat pada tanggal 19-23 Maret 2019 nanti.

“Kegiatan pawai ta’aruf yang diselenggarakan ini, bertujuan untuk menaman semangat mengikuti serangkaian acara dan perlombaan yang ada dalam STQ sampai pelaksanaan selesai nantinya,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Bangka, Paidi mengatakan, pelaksanaan STQ untuk tahun 2019 ada hapalan hadist,hal ini sesuai dengan ketentuan dari Menteri Agama RI.

“Untuk STQ tahun 2019, ada tambahan,STQ dan hapalan hadist, khusus STQ ada materi baru, sesuai ketentuan dari pusat,” jelas Paidi. 

Menurut Paidi, STQ selain bagian dari syiar Islam, juga mendorong minat bagi para generasi muda, untuk rajin membaca, menghapalkan Al- Qur’an dan juga akan lebih baik mengamalkannya.

Dengan STQ ini, diharapkan bisa mendorong minat generasi muda, untuk rajin, paling tidak membaca, menghapal dan lebih jauh mengamalkan Al- Qur’an, jadi syiar itu untuk memberikan pemahaman kepada umat, bahwa itu betul-betul sebagai kitab suci, pantas dan wajar, bahkan wajib untuk memahaminya, menghidupkan ruh Al- Qur’an itu, kepada seluruh komponen masyarakat.

“Al- Qur’an sebagai kitab suci, panduan, pegangan hidup kita, dan juga sekarang STQ ditambah lagi dengan hapalan hadist, itu sesuai dengan pesan Rosululah, yakni umatku tidak akan sesat selama mereka berpegang pada Al-Qur’an dan hadist Rosululah,”ujar Paidi.

Peserta pawai Ta’aruf kali ini menempuh rute dari Kediaman Dinas Bupati Bangka mengelilingi Kota Sungailiat.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button