NEWS

Kabupaten Bangka Menuju Kota Layak Anak

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bangka menggelar kegiatan penguatan peran Forum Anak menuju Kabupaten / Kota Layak Anak (KLA).Selasa (5/3/2019) di Hotel Manunggal Sungailiat. 

Untuk Kabupaten Bangka terdapat 120 orang anggota Forum Anak serta 10 orang Duta Forum Anak Bangka, yang tergabung dari pelajar SLTP, SMA dan SMK se-Kabupaten Bangka.

Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi Dan Partisipasi Anak, Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KPPPA) Lies Rosdianty menjelaskan Forum Anak ini sebagai wadah bagi anak menyampaikan pandangannya, sehingga anak memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat dan orang dewasa wajib mendengarkannya, serta harus di libatkan dalam semua perencanaan pembangunan.

“Dalam musrenbang pun, di pusat, belum lama ini, Bappenas mengundang perwakilan anak dari seluruh provinsi untuk mempersiapkan isu  isu yang akan di bahas terkait permasalahan mereka, jadi kita minta mereka untuk memikirkan nasib mereka sendiri, jangan memikirkan urusan orang dewasa,” jelas Lies.

Dijelaskan Lies,dalam tugasnya Forum anak sebagai pelopor dan pelapor,untuk pelopor, Forum Anak menjadi agen perubahan menyampaikan pandangannya, yang bisa membuat inovasi untuk mengatasi masalah yang dihadapi dikalangan anak itu sendiri, terhadap permasalahan yang dilihat dan didengar untuk disampaikan.

Sedangkan sebagai pelapor, anak juga berhak menyampaikan apa yang dialami oleh teman mereka yang belum mendapatkan, atau belum terpenuhi hak2nya. 

“Jadi misalnya kalau melihat ada teman teman di rumah, se-sekolah, di lingkugan, ada yang belum bisa sekolah, ada yag belum dapat akte kelahiran ada yang mendapatkan kekerasan, silahkan laporkan kepada kami, kita orang dewasa bertugas untuk mendengarkan dan mempertimbangkan, apa yang menjadi pandangan mereka dalam mengatasi permasalah itu,” kata Lies.

Untuk itu, partisipasi anak sangat penting, bukan hanya memenuhi amanat UU Perlindungan Anak, tetapi juga amanat nasional, mengingat anak punya hak yang harus di penuhi, yang tergabung dalam 5 cluster konvensi hak anak, diantaranya hak tumbuh kembang, perlindungan, partisipasi, identitas, pengasuh, identitas dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Bangka Nurita mengatakan keberadaan Forum Anak Bangka yang telah dibentuk ini bertujuan untuk merealiasikan amanat Undang Undang RI tentang perlindungan anak, memberikan wadah bagi anak di Kabupaten Bangka menyampaikan aspirasinya, menjalin komunikasi dan meningkatkan kemandirian, inovasi dan kreativitas anak bangsa.

Dalam sambutannya Teddy menjelaskan bahwa pemberian hak  hak kepada anak sebagai warga negara harus menjadi perhatian lebih karena menurutnya anak merupakan generasi penerus masa depan bangsa.

“Dalam diri anak melekat hak-hak yang harus diberikan karena anak merupakan masa depan bangsa,”ungkapnya.

Untuk itu ia berharap agar keberadaan Forum Anak Kabupaten Bangka tersebut dapat menjadi wadah bagi anak di Kabupaten Bangka untuk saling bertemu serta menyampiakan aspirasinya.

“Forum anak ini dapat dipergunakan sebagai media anak di Kabupaten Bangka untuk saling bertemu dan mengpulkan data yang mendukung upaya pemenuhan hak anak di Kabupaten Bangka,”pungkasnya.

Kegiatan Penguatan Forum Anak Kabupaten Bangka tahun 2019 tersebut berlangsung selama tiga hari yakni 4-6 Februari 2019.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button