NEWS

IPM , Indikator Tentukan Keberhasilan Kualitas Hidu

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka, Ahmad Thamrin mengatakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia. 

“IPM merupakan salah satu indikator dalam menentukan keberhasilan dalam upaya membangun kualitas manusia,” ungkap Ahmad Thamrin ketika memberikan kuliah umum tentang data statistik kepada mahasiswa jurusan Administrasi Negara semester empat Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Stisipol) Pahlawan 12 Bangka, Kamis (21/3/2019). 

Menurutnya IPM juga bisa digunakan juga untuk menentukan Dana Alokasi Umum (DAU) suatu daerah baik provinsi, kabupaten/kota.

“Kalau melihat IPM Kabupaten Bangka sudah bagus dan ini bisa menjadi acuan untuk lebih baik kedepan lagi, sudah mencapai 70,09 peringkat kedua setelah Kota Pangkalpinang,” katanya.

Ahmad Thamrin juga mengatakan, sejauh ini jika dilihat dari IPMnya, Kabupaten Bangka ini bisa bersaing baik nasional maupun internasional.

 “Dunia bisa membaca dan melihat, dengan IPM yang sudah mencapai 70 keatas, ini berarti daya beli masyarakatnya sudah bagus, pendidikan dan sekolah juga sudah bagus, jadi daerah ini nyaman untuk ditempati, dan anak-anaknya juga bisa berpikir dengan IPM tinggi, bisa membangun Bangka,semoga dengan adanya kuliah umum statistik ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa,” jelasnya. 

Ditambahkannya untuk peran mahasiswa sekarang, dengan hadirnya BPS, dirinya secara pribadi berharap, para mahasiswa dapat lebih berperan aktif dan bisa membuka website BPS Bangka, dan bisa membaca data dengan benar.

“Mahasiswa harus berpikir kedepan, dengan data kita bisa bangun Bangka dengan lebik baik lagi,” tutupnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button