NEWS

Ini BUMDes yang Memiliki omzet mencapai Rp2 miliar di Bangka Tengah

Lensabangkabelitung.com, Koba – Bergerak di bidang Pertanian, gas elpiji dan UMKM, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ketapang Laut Penyak, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah jangan di pandang sebelah mata pada 2018 BUMDes ini memiliki omzet sebesar Rp2 miliar dengan laba bersih Rp107 juta.

“Sejak didirikan pada 2016, BUMDes ini sudah memiliki omzet Rp2 miliar dengan laba bersih Rp107 juta,” kata Direktur BUMDES Ketapang Laut Penyak, Sapri di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, dari omzet dan laba yang diperoleh maka BUMDES Ketapang Laut mampu memberikan kontribusi terhadap PAD Bangka Tengah sebesar Rp38 juta.

“Usaha yang kami jalankan untuk mendatangkan keuntungan adalah jual beli TBS kelapa sawit, gas elpiji dan galeri UMKM,” ujarnya.

Ia mengatakan, tahun ini berhasil membeli TBS kelapa sawit dari petani sebanyak 1.627.166 kilogram dengan nilai penjualan Rp1,8 Miliar.

“Aset kami sebagai sarana pendukung usaha yaitu dua kendaraan truk dan satu mobil kijang dan dua pekerja Tetap, enam pekerja borongan dengan upah satuan,” ujarnya.

Namun, kata dia, untuk gudang dan terminal TBS kelapa sawit sampai sekarang kami masih menyewa, namun sudah ada rencana akan dibangun.

“Selain mengejar keuntungan BUMDES ini telah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Penyak khususnya di sektor perkebunan dan UMKM,” ujarnya.

Penulis : Redaksi

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button