NEWS

Ikatan Duta Bahasa Babel Gelar Pemilihan Duta Bahasa Pelajar

Lensabangoabelitung.com, Pangkalpinang – Ikatan Duta Bahasa Kepulauan Babel bersama Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung menggelar puncak pemilihan Duta Bahasa Pelajar Kepulauan Babel perdana tahun 2019 pada hari Minggu (10/3/2019) lalu di GrandVella Hotel.

Kegiatan dibuka oleh Kabiro Kesra Provinsi Kep. Babel, Dr. Asraf Suryadin. Di hadiri oleh Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Babel, Guru dan orang tua peserta. 

Setelah melewati berbagai tahap seleksi yang panjang terpilihlah Ego dan Nyi Ayu Ditha dari SMA Negeri 1 Pangkalpinang menjadi Pemenang 1 Duta Bahasa Pelajar Kepulauan Babel 2019. Untuk Pemenang ke 2 diraih oleh Bintang Cahaya Putera dari SMA Negeri 1 Pangkal pinang dan Miftahul Jannah dari SMA Negeri 1 Pemali. Sedangkan Pemenang 3 diraih oleh Rendi asal SMA Negeri 1 Gantung, Belitung dan Kurniati Solekah asal SMA Negeri 1 Pemali

Ketua Pelaksana, Arinda Unigraha (Duta Bahasa Kepulauan Babel 2018) menjelaskan bahwa pada ajang perdana ini,pihaknya menerima 86 berkas pendaftaran.

“Kami menerima 86 berkas pendaftaran yang merupakan perwakilan siswa SLTA dari sekolah dan terwakilkan ada dari setiap kabupaten di provinsi Kepulauan Babel,” ungkapnya,Selasa (12/3/2019).

Selanjutnya melalui tahapan seleksi ketat dan akurat maka dipilihlah 10 pasang pelajar yang kemudian kita bekali dengan beberapa materi seperti Literasi, Kebahasaan, Jurnalistik, Kepewaraan, Seni Retorika, Keterampilan/Bakat. 

Setelah mengikuti karantina, puncaknya mereka berkompetisi pada final di hadapan dewan juri, guru, dan orang tua mereka secara terbuka. 

Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Babel, Drs. Yani Paryono, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu terobosan baru. 

“Alhamdulillah mulai tahun ini kita bisa melaksanakan kegiatan yang sifatnya terobasan baru seperti ini. Tujuan dari diselenggarakanya kegiatan ini ialah untuk menumbuhkan sikap positif pelajar terhadap penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik terutama di lingkungan sekolah yang ada di Bangka Belitung. Melalui agenda ini diharapkan para peserta mampu menjadi agen dan duta-duta untuk memartabatkan Bahasa Indonesia di negeri serumpun sebalai,” jelasnya.

Selanjutnya, Para duta bahasa pelajar akan bertugas selama 1 tahun untuk menyebarkan semangat berliterasi dan kebahasan bersama dengan Ikatan Duta Bahasa Kep. Babel melalui berbagai agenda-agenda kreatif.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button