NEWS

Dinsos Pemdes Bangka Gelar Sosialisasi Berkah Smart 

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi dan evaluasi Berkah Smart tahun 2019 di Ruang Pertemuan Kantor Bupati Bangka, Kamis (14/3/2019).

Kegiatan sosialisasi dan evaluasi Berkah Smart tahun 2019, dibuka oleh Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bangka, Arman Agus yang diwakili Kabid Pemberdayaan dan Ekonomi Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bangka, Ida Kusuma.

Dalam sambutanya Ida mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi, segala upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel), untuk itu Pemrov Babel memiliki program yang dapat meningkatkan perekonomian, di Babel, khususnya di wilayah pedesaan, yang merupakan gagasan tersebut, dikenal masyarakat dengan nama Berkah Mart.

Program kegiatan dengan nama Berkah Mart ini merupakan gagasan hebat dari Gubernur Babel, dengan harapan dengan kehadiran Berkah Mart, dapat menekan kenaikan harga kebutuhan pokok dan mengendalikan inflasi, serta sekaligus desa sebagai tempat pertumbuhan ekonomi baru, yang berdampak pada masyarakat yang mandiri secara ekonomi.

“Pemprov Babel berharap melalui kegiatan Berkah Mart, pertumbuhan ekonomi betul -betul ada di masyarakat paling bawah yakni di pedesaan. Dengan Berkat Mart, diharapkan pertumbuhan ekonomi itu dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, bukan dari pengusaha, untuk pengusaha dan oleh pengusaha,” jelasnya. 

Dalam pelaksanaannya terdapat kendala, dihadapi terutama oleh BUMdes selaku pelaku utama, karena BUMdes Berkah Mart itu, diharapkan dikelolah oleh BUMdes.

“Kami (Pemkab Bangka-red), telah mendirikan BUMdes di seluruh desa, meskipun memang ada beberapa desa yang BUMdesnya belum berjalan sebagai mana mestinya.Dengan kegiatan ini mudah-mudahan ada solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,  sebab kalau hal itu kita biarkan berlarut maka kendala itu, akan semakin besar dan untuk itu, kami mengundang pihak dari PMD Provinsi Babel, yang berkompenten, sehingga permasalahan dapat dicarikan solusinya secara bersama-sama dengan cepat,” katanya. 

Dikatakan Ida, Pada tahun 2018, Kabupaten Bangka, ada sepuluh desa, yang mendapat bantuan keuangan dari pemrov Babel, yang disebut Bangub sebesar Rp 100 juta rupiah, untuk program Berkah Mart yaitu unit usaha perdagangan BUMdes, sepuluh desa tersebut yakni, Desa Cit, Bebura, Banyuasin, Pelawan, Bukit Layang, Bakam, Kapuk, Maras Senang, Puding Besar dan Desa Air Duren Kecamatan Mendo Barat.

“Mudah-mudahan kesepuluh desa yang mendapat Bangub tersebut, dapat memanfaatkan dana sebaik mungkin dan dapat menjalankan, mengembangkan usahanya untuk mendorong kemajuan desa dapat mensejahterahkan terutama masyarakat desa, apabila ada kendala di lapangan, terkait dengan Berkah Mart hendaknya disampaikan pada pertemuan ini,harapnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button