NEWS

5.729 Surat Suara di Kabupaten Bangka Rusak

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sejak dilaksanakannya pelipatan kertas suara pada Tanggal 22 Maret hingga 25 Maret  2019 kemarin, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kabupaten Bangka sudah menemukan 5.729 surat suara rusak, baik rusak karena sobek atau terkena noda tinta.

Dijelaskan Zulkifli selaku kordiv pengawasan humas dan hubal Bawaslu Kabupaten Bangka, total jumlah surat suara kondisi baik sebanyak 434.930 surat suara, untuk DPR RI sebanyak 209.190 surat suara, untuk DPRD Provinsi  daerah Pemilihan (Dapil) 6 sebanyak 178.362 surat suara, dan untuk DPRD Kabupaten Dapil 1 sebanyak 47.378 surat suara.

“Hasil pengawasan kami untuk total jumlah surat suara kondisi rusak dari pelipatan yang dilakukan sejak tanggal 22 hingga 25 Maret 2019 sebanyak 5.729, terdiri dari DPR RI sebanyak 1.380 surat suara, DPRD Provinsi Dapil 6 sebanyak 2.773 surat suara dan DPRD Kabupaten Dapil 1 sebanyak 1.576 surat suara,” ungkap Zulkifli. 

Zulkipli, mengingatkan agar KPU Kabupaten Bangka, segera mengirimkan berita acara terkait kerusakan surat suara agar disampaikan ke KPU RI.

“Kami mengimbau KPU untuk mempersiapkan logistik ini semaksimal mungkin, pada hari H nanti wajib sudah ada diterima Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),jangan sampai ada gangguan logistik pada pemungutan suara nantinya,”kata Zulkifli,Selasa (26/3/2019) di Sungailiat.

Terkait dengan adanya surat suara yang rusak, Bawaslu menyarankan kepada pihak KPU Kabupaten Bangka segera mengirim berita kerusakan surat suara yang sobek kepada KPU RI, sehingga nanti ada surat suara pengganti yang rusak dalam pengiriman lanjutan.

“pengiriman nantinya jangan sampai menyebabkan keterlambatan dan mengganggu dalam pemungutan suara nanti,”tegasnya.

Terkait dengan lokasi gudang pelipatan suara yang masih belum kondusif karena rawan rembesan air hujan, dan jterpisah gedungnya Zulkipli menyarankan untuk lokasi evakuasi harus terpisah. 

“Hasil pengawasan kami KPU Kabupaten Bangka telah menindaklanjuti himbauan itu, menutup dengan terpal,sehingga jika hujan tidak terkena rembesan air,” jelasnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button