NEWS

231 Calhaj Bangka Ikut Tes Kebugaran

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Sebanyak 231 calon jemaah haji Kabupaten Bangka mengikuti tes kebugaran yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka yang berkoordinasi dengan dinkes Provinsi Babel, Dispora kabupaten Bangka dan Kementerian Agama Kabupaten Bangka.

“Jadi dari pagi tadi kita melakukan tes kebugaran untuk melihat kekuatan fisik mereka (calon jemaah haji.red), karena ibadah haji adalah ibadah fisik,intinya kita sampaikan tes ini bukan lomba, lulus tidak lulus mereka tetap bisa naik Haji,” jelas Susila Wati, SKM M.Kes

Kasi Promkes, UKBM, kesehatan kerja dan olah raga Dinkes Kabupaten bangka,Selasa (5/3/2019) di Lapangan Bina Satria Sungailiat. 

Para calon jemaah haji tersebut dites dengan dua metode tes yakni Tes metode rockport untuk jamaah yang lulus Par Q Test,yaitu tes tingkat kesehatan jamaah dan tes jalan 6 menit untuk jamaah yang mempunyai masalah kesehatan seperti hipertensi dan jantung. 

“Sebelumnya kita melakukan Par Q, dimana kita bertanya kondisi, didiagnosa dulu,cek kesehatan mereka dulu, jadi mereka yang kesehatannya agak bermasalah kita lakukan tes jalan 6 menit, untuk kesehatannya tidak ada masalah kita lakukan tes rockport dimana mereka lari 1,6 Km kemudian kita ukur waktu tempuh,berapa waktu yang dibutuhkan dia untuk berlari atau jogging atau jalan,” jelas Susi.

Untuk hasil tes dari seluruh peserta ada dua orang yang tidak lulus atau dinyatakan gagal, karena ditengah jalan mereka angkat tangan karena kondisi sedang sakit,selebihnya lancar. 

“Hasilnya nanti akan kita analisis,ada empat kategori ada sangat baik, baik,cukup dan kurang. Yang diukur itu hasil tes secara keseluruhan adalah untuk mengukur kadar VO2 Max jamaah yang hasilnya untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung,paru jamaah apakah termasuk pada katagori baik sekali, baik, cukup, kurang atau kurang sekali,” ungkapnya. 

Nantinya hasil akan dituangkan dalam Kartu Menuju Bugar (KMB) sebagai acuan untuk pembinaan kesehatan calon jamaah haji selanjutnya.

Bagi jemaah yang tidak lulus, nantinya kondisi kesehatan jamaah akan dikawal, agar saat mereka melakukan ibadah lancar, sehat dan bugar. 

Kegiatan tes ini dikatakan Susi rutin dilaksanakan oleh dinas kesehatan kabupaten Bangka, dengan harapan para jamaah bisa menjalankan ibadah dengan lancar. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button