NEWS

Wabup Buka STQ Tingkat Kecamatan Pemali

Lensabangkabelitung.com, Pemali – Sebanyak 72 Orang peserta mengikuti kegiatan seleksi tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.

Pada pembukaan kegiatan STQ tingkat Kecamatan Pemali oleh Wakil Bupati (Wabup) Bangka Syahbudin, minggu malam (24/2/2019) di Masjid Darussalam Kompleks Perumahan BTN  Karya Makmur Air Ruay Pemali.

“STQ ini merupakan salah satu (1) sarana yang dapat menyatukan umat Islam. Selain itu juga dengan moment STQ ini, diharapkan dapat berdampak terhadap pembentukan karakter akhlaqul karimah ditengah masayarakat kita,” ujar Wabup.

Dalam sambutannya ia mengatakan STQ merupakan kegiatan yang bisa mempererat ukhuwah islamiyah, khususnya diantara peserta dan official, dalam satu kafilah lainnya, maupun antara peserta selaku tamu dengan masyarakat Kecamatan Pemali.

Menurutnya, keberhasilan STQ, bukanlah hanya dari jumlah penyelenggarannya ataupun jumlah peserta Qori/Qoriahnya, dan para Hafiz/Hafizoh berprestasi yang dihasilkan, akan tetapi harus diikuti dari jangkaauan pandangan yang lebih luas dan mendasar, terutama dari sisi pembentukan mental, karakter dan akhlaq masyarakat, sehingga nilai-nilai dan etika sosial yang bersumber dari Al-Qur’an yang dapat mewarnai perilaku masyarakat.

“Hal tersebut sejalan dengan cita-cita Pemerintah Kabupaten Bangka, mewujudkan visi misi Bangka Setara, yang salah satunya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pembangunan dan pembinaan umat,” ungkapnya.

Ditambahkannya,kitab suci Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran Islam, yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan rahmat bagi seluruh alam. Al Qur’an mengajarkan prinsip-prinsip  hukum dan etika sebagai bingkai normatif untuk mewujudkankehidupan masyarakat yang harmonis dimanapun. Selain itu, Al Qur’an juga merupakan tuntunan utama bagi kaum muslimin untuk menjadi bahan hidup dunia dan akhirat.

“Pesan khusus saya, pada seluruh peserta. Jadi peserta yang terbaik, dan bisa mengharumkan nama baik Kecamatan Pemali, untuk menjadi wakil di STQ tingkat Kabupaten, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Nasioanl, bahkan Internasional,” ketany. 

Sementara itu Fikri Dirhamsyah selaku ketua pelaksana dalam laporan yang dibacakannya mengatakan STQ tersebut diikuti 72 peserta. 

“Peserta yang akan berlomba dalam kegiatan STQ ini berjumlah 72 orang peserta yang terdiri dari tingkat anak-anak putra/putri, remaja putra/putri dan dewasa putra/putri,” jelasnya. 

Pada STQ Kali ini ada lima cabang yang akan dilombakan, yaitu tartil, tilawah, hadist, sahril dan sarhil, masing-masing dengan kategori putra dan putri.

“Untuk malam ini, kita hanya pembukaannya saja, sedangkan untuk lomba InsyaAllah akan digelar besok pagi (25  Februari 2019-red) pukul 08.00 WIB. Kita mulai dari tingkat anak-anak untuk cabang tartil dan tilawah sedangkan untuk malam harinya untuk tingkat remaja dan dewasa. Pelaksanaan lomba ini kita mulai dari tanggal 25 Februari 2019 sampai tanggal 26 Februari 2019 malam. Sedangkan penutupannya dijadwalkan akan digelar pada tanggal 27 Februari 2019 ba’da sholat Isya dan langsung pengumuman para juaranya dan pembagian hadiah,” ungkapnya. 

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bangka Teddy Sudarsono, Camat Pemali Putra Jaya, Kabag.Kesra dan Kemasyarakatan Setda Kab.Bangka Rahmani, serta tamu undangan lainnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close