NEWS

Tahun 2019 Pemkab Bangka Target Pengurangan dan Penanganan Sampah

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Pemerintah telah mencanangkan target pengurangan sampah sebesar 30 % dan penanganan 70% ditahun 2025 yang tertuang dalam peraturan presiden nomor 97 tahun 2017. Tentang kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan Sampah sejenis rumah tangga (Jaktranas). 

Hal tersebut disampaikan Bupati Bangka Mulkan pada peringatan puncak Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN) yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka di tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Kenanga,Selasa (27/2/2019).

Dikatakan Mulkan bahwa pemerintah Kabupaten Bangka sangat mendukung target pemerintah lewat pedoman pengelolaan sampah yang terintegrasi dari hulu Ke Hilir berdasarkan peraturan bupati Nomor 43 Tahun 2018 tentang rencana kebijakan dan strategi Daerah pengelolaan sampah rumah tangga dan Sampah sejenis rumah tangga. 

“Tahun 2019 target pengurangan sampah dan penanganannya harus menjadi perhatian kita bersama,disamping perlunya kita meningkatkan kesadaran kolektif dan optimisme bersama dari stakeholder. Mewujudkan gerakan kolaboratif kerja bersama dalam pengelolaan dan penanganan sampah serta fasilitas pengembangan manfaat hasil pengolahan sampah,” jelas Mulkan. 

Melalui hari peduli sampah nasional Dengan tema “kelola sampah untuk hidup,bersih,sehat dan bernilai” dapat mempererat sinergisitas masyarakat pelaku usaha dan pemerintah daerah dalam upaya pengelolaan dan penanganan sampah. 

“Sebagai langkah awal, kegiatan ini merupakan salah satu contoh kerjasama antara pemerintah daerah,pelaku usaha dan masyarakat serta komunitas pemerhati lingkungan, ” terang Mulkan. 

Sementara itu Meinalina Kepala DLH Kabupaten Bangka dalam sambutannya mengatakan peringatan HPSN ini untuk menumbuh kembangkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah, serta penelitian pengembangan teknologi pengolahan sampah dan pemanfaatannya.

“Tujuannya untuk membangun kesadaran bersama untuk kelembagaan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah, serta mendorong budaya bersih dan produktif ditengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial,” jelas Meinalina. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button