NEWS

Serap Aspirasi Anggota Dewan Bangka Gelar Reses

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Untuk menyerap aspirasi masyarakat khususnya daerah pemilihan (Dapil)  Sungailiat Anggota DPRD Bangka menggelar Reses,yang diselenggarakan dibeberapa daerah di Seputaran Sungailiat, Sabtu (23/2/2019).

Salah satunya reses yang dilakukan oleh Firdaus Johan di Kelurahan Kenangan, Sungailiat, diisi dialog mengenai berbagai permasalahan sosial dengan menghadirkan beberapa nara sumber dari Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Bangka.

Hadir sebagai nara sumber , Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Dinas PUPR, perwakilan Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup serta dari Kantor Kelurahan Kenanga,kehadiran beberapa OPD ini untuk berdialog dan menjawab berbagai hal yang ingin diketahui oleh masyarakat.

“Kita di sini hadir untuk berdialog, dan menerangkan berbagai hal yang ingin diketahui masyarakat. Jadi kegiatan ini membuka kran informasi  mengenai  program dan kebijakan pemerintah, dan untuk mengetahui asirasi dan keinginan masyarakat,”jelas Asmawi.

Pada acara tersebut, beberapa masyarakat mempertanyakan tentang lampu penerangan jalan yg sering mati, kemudian banjir yg sering melanda di depan kantor workshop dinas PU bila hujan lebat turun, limbah pabrik tapioka berwarna hijau mengalir di sungai, penebasan rumput sepanjang jalan kenanga tidak sampai ke akar hanya bagian atas saja, permintaan bibit ikan air tawar.

“Dialog dan tanya jawab seputaran permasalahan sehari-hari yang dihadapi warga. Namun karena hadir nara sumber dari instansi yang terkait, sehingga masyarakat dapat memperoleh jawaban langsung,” jelas Asmawi.

Sementara itu dalam sambutan anggota DPRD Kabupaten Bangka Firdaus, mengatakan kegiatan ini dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat agar dapat ditindaklanjuti dalam tahapan perencanaan pembangunan dimulai dari Musbangdes, Musrenbang Kecamatan dan Kusrenbang Kabupaten, hingga tertuang dalam RKPD.

“Tujuan kegiatan reses ini adalah untuk menjaring aspirasi masyarakat. Kemudian diharapkan langsung dapat segera direspon dan ditindaklanjuti. Dengan kehadiran nasa sumber dari OPD terkait tentu lebih mudah untuk memasukkan tindak lanjut tadi ke dalam program-program pembangunan selanjutnya,” jelasnya. 

Selanjutnya ia menegaskan bahwa kegiatan tersebuti tidak ada kaitannya dgn kampanye atau agenda politik karena diacara tersebut dihadiri panwaslu.

“Disini juga hadir Panwaslu  yang tentu saja akan mengawasi dan memantau seluruh proses kegiatan reses ini sampai selesai,” pungkasnya.

Sementara itu dalam rangka masa reses DPRD Bangka, Wakil Ketua DPRD Bangka Rendra Basri juga menggelar pertemuan dengan warga di perumahan Jalan Baru Lingkungan Parit Padang Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Sabtu (24/2/2019).

Pada kesempatan tersebut Rendra Basri mengatakan selaku anggota DPRD Bangka priode 2014-2019 yang merupakan daerah pemilihan Sungailiat, sudah sewajarnya dirinya datang berkunjung ke perumahan Jalan Baru Lingkungan Parit Padang Sungailiat, selain bersilaturahmi dan juga mendengar aspirasi, keinginan ke masyarakat.

“Kedatangan saya ke lingkungan ini, sesuai jadwal sejak tanggal 23 Febuari 2019 ini, merupakan jadwal dalam rangka kegiatan reses seluah anggota DPRD Bangka, ke daerah 

pemilihan masing-masing, untuk menyerap asiprasi masyarakat dalam rangka pelaksanaan pembangunan di daerah ini ke depan,” jelasnya. 

Pada kesempatan tersebut Rendra mengatakan tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan yang penting sesuai dengan aturan.

“Tahun 2014 saya yang memperjuangkan jalan ,jalan ini (jalan baru) dulunya lapen, dua tahun juga diusul diaspal, tapi bukan tidak mau di bangun karena ada ketentuan untuk diaspal. Dicek didata sudah pantas dan layak di aspal,” ungkapnya. 

Rendra menjelaskan bahwa sebagai dewan dirinya tidak janji tapi mudah mudahan bisa diaspal.

“Ini salah satu fungsi kami dianggaran, kebetulan hampir 10 tahun saya pimpinan di anggaran DPRD,  jadi seluk beluknya saya pahami, sayalah yang memimpin badan anggaran.Kami tidak ada pandang ini daerah mana, setiap usulan akan saya perjuangkan semaksimal mungkin juga hal hal yang laen,” jelasnya. 

Ditambahkan, Rendra terkait dengan usulan dan permintaan dana untuk pengembangan musholah menjadi masjid yang masih kekurangan dana, silakan pengurus masjid ajukan proposalnya ke DPRD Bangka.

“Terkait dengan ada permintaan bantuan dana untuk pembangunan masjid Ar- Raihan, silahkan pihak pengurus mengajukan proposal ke saya dan akan saya teruskan ke bagian kesra untuk ditindak lanjuti sehingga masjid pembagunan masjid tersebut bisa terselesaikan pembangunanya,”Kata Rendra.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button