NEWS

Peringati HPSN Mari Berkawan Dengan Sampah

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019,Polres Bangka bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka mengadakan kegiatan bersih sampah di lingkungan Pantai Matras, Kamis (21/2/2019).

Kegiatan tersebut, juga melibatkan berbagai elemen masyarakat, pelajar SD, SMP, SMA se Kabupaten Bangka dengan menyisir wilayah sepanjang Pantai Matras.

Menurut Sekretaris DLH Kabupaten Bangka Rozali, kegiatan ini dilakukan untuk membersihkan sampah terutama sampah an organik disepanjang pesisir pantai. 

“Kegiatan ini upaya agara masyarakat peduli terhadap kebersihan dan pengelolaan sampah sehingga sampah bisa diolah menjadi bernilai dan masyarakat bisa sehat,” jelas Rozali.

DLH sengaja  memilih pantai matras karena instruksi dari Kementerian Lingkungan Hidup agar dilakukan pembersihan sampah di kawasan pesisir pantai.

Sampah an organik yang dikumpul nantinya di bawa ke tempat pembuangan sampah untuk diolah.

“Kami mengharapkan masyarakat membuang sampah jangan berserakan dan jangan membuang sampah sembarangan,” Himbau Rozali.

Berkenaan dengan sampah menurut Rozali tingkat kepedulian masyarakat saat ini sudah mulai ada, dengan adanya bank sampah seperti di Kelurahan Srimenanti, masyarakat bisa menabung di bank sampah. 

Pada kegiatan itu juga dilakukan penimbangan sampah dari peserta yang kemudian diberikan hadiah bagi pengumpul terbanyak,dan dari hasil penimbangan total sampah yang dipungut seberat 855,4 kg. 

Kapolres Bangka AKBP. M. Budi Aryanto mengatakan kegiatan bersih pantai ini merupakan intruksi dari Mabes Polri,Kapolda dan Kapolres. 

“Jadi pelaksanaan hari ini seremonial memperingati hari peduli sampah nasional. Dalam artian dengan tema sekarang kelola sampah untuk hidup, bersih,sehat dan bernilai itulah kegiatan hari ini kita sinkronisasikan antara pemda dan polres dan masyarakat sekitar  serta keelemen masyarakat lainnya,” jelasnya. 

Pada kesempatan ini Kapolres Bangka menghimbau agar kita bisa berkawan dengan sampah.

“Artinya kita bisa berkawan dengan sampah,kita bisa mengelola sampah bisa diolah kembali,didaur ulang dan bisa dimanfaatkan,” ungkapnya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button