NEWS

Mulkan Soroti Pelayanan di Rumah Sakit Depati Bahrin Sungailiat

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Bupati Bangka Mulkan meminta Rumah Sakit Umum Depati Bahrin Sungailiat agar memberikan pelayan yang baik dan prima kepada masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Mulkan saat meresmikan Puskesmas Pemali,senin(4/2/2019).

” Dinas Kesehatan selaku UPT yang membawahi puskesmas dikabupaten Bangka, kita bangga kabupaten Bangka sudah miliki tiga rumah sakit daerah dibandingkan kabupaten lain kita paling banyak.ini perlu ditegaskan ke dinas kesehatan dengan tiga rumah sakit ini menjadi kebanggaan bagi kita,” ungkap Mulkan. 

Dulunya hanya ada rumah sakit umum yang sekarang menjadi rumah sakit depati bahrin. Sehingga kewalahan untuk menampung rujukan dari tingkat kecamatan.

“In shaa Allah kita akan membangun dimendo barat supaya tercover semua,”katanya. 

Mulkan juga menegaskan bahwa ada penurunan angka kunjungan dirumah sakit depati bahrin. 

“Kami melihat di tahun 2017 RSUD untuk daftar kunjungan paling bangak dibandingkan dirumah sakit swasta, tapi ditahun 2018 menurun, ini harus dipelajari, tingkat penurunan dimana?apakah ditingkat puskesmasnya membuat rujukan ke rumah sakit umum atau Rumah Sakit swasta,karena jauh perbedaannya,dibanding rumah sakit medika stania 2000 lebih selisihnya, kita kalah daftar kunjungan baik rawat inap ataupun rawat jalan,” sesal Mulkan. 

Untuk itu kepala puskesmas harus memperhatikan ini, karena jangan sampai puskesmas membuat rujukan ke rumah sakit swasta ,kita kalah, salah satu penurunan adalah pelayanan kita kurang prima karena rumah sakit umum menjadi pokok pembicaraan masyarakat kita.

“kalo dak bagus saya sampaikan dak bagus, kalo bagus saya bilang bagus,karena pelayanan dari rumah sakit umum kita yang belum maksimal dan belum prima inilah salah satu angka penurunan daftar kunjungan masyarakat kita di rumah sakit umum, karena disamping melayani BPJS harus ada nilai bisnis,karena rumah sakit perlu operasional,”ungkap Mulkan. 

Percuma gedung bagus tetapi pelayanan tidak maksimal, gedung sudah bagus harusnya fasilitas harus bagus,kwalitas juga harus bagus. Jadi tiga tiganya harus berkesinambungan. 

“Rumah sakit umum harus kita benah,baik secara sumber daya manusianya,jangan mentang mentang PNS asal asalan melayani masyarakat,kita harus belajar dengan rumah sakit swasta,  yang memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat,”tegas Mulkan. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button