NEWS

Mulkan, Pajak Berperan Penting Dalam Pembangunan 

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Bupati mengajak masyarakat untuk taat pajak, Mari lapor pajak dengan lebih awal dengan e-filing. Kapan saja dan di mana saja bisa lapor pajak dengan mudah dan nyaman.” Tagline e-filing tersebut disampaikan oleh Bupati Bangka Mulkan, pada acara Pekan Panutan Penyampaian SPT di Aula Perkantoran Kabupaten Bangka di Sungailiat, Selasa (12/2/2019). 

Bersama jajaran Forkopimda Bangka, Mulkan telah menyampaikan SPT Tahunan Pajak Pribadi melalui e-filing.

“Pajak sangat penting bagi kehidupan bernegara. Untuk itu sebagai pemangku jabatan, kita harus memberikan contoh kepada masyarakat. Banyak masyarakat, termasuk pelaku usaha kecil, yang belum paham pajak, ” jelas Mulkan. 

Mulkan juga mengingatkan bahwa batas pelaporan pajak tahunan adalah 31 Maret 2019.

“Mulai saat ini saya himbau semua OPD dan masyarakat baik orang pribadi atau badan dapat  menyampaikan SPTnya sebelum batas waktu tersebut,” pesan Bupati.

Selain pelaporan SPT oleh Bupati dan jajaran Forkopimda, Kabupaten Bangka juga meningkatkan kerjasama dengan Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel. Dengan kerjasama tersebut, diharapkan pemerintah pusat dan pemerintah Kabupaten Bangka dapat bersinergi melalui pertukaran data, peningkatan kompetensi pegawai, pelaksanaan program KSWP dan sosialisasi perpajakan.

Mulkan berharap seluruh wajib pajak di Kabupaten Bangka membayar pajaknya sesuai dengan ketentuan untuk pembangunan yang berkesinambungan.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Kanwil DJP Sumsel dan Kepulauan Babel Imam Arifin menurutnya pajak berperan penting dalam pembangunan.

“Transfer dana dari pemerintah pusat ke daerah tahun 2019 dianggarkan sebesar Rp 826,8 triliun. Sumber dana tersebut sebagian besar berasal dari pajak,” jelas Imam. Imam menerangkan lebih lanjut bahwa dari data APBN tiap tahun, kelihatan bahwa sejak turunnya penerimaaan migas, sumber penerimaan negara bertumpu pada pajak.

Imam berharap dengan peningkatan transfer dana ke daerah, pelayanan publik kepada masyarakat semakin baik,dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Bangka, kesadaran pajak masyarakat Bangka dapat meningkat.

Selain pekan panutan penyampaian laporan SPT dan penandatanganan kerjasama, juga diberikan penghargaan kepada beberapa wajib pajak yang telah melaksanakan kewajiban pajaknya dengan baik, baik orang pribadi maupun badan usaha.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button