NEWS

Jelang Pemilu,KPU Bangka Gencar Lakukan Sosialisasi

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Mengingat penyelenggaraan Pemilu yang masih terhitung kurang lebih 55 hari lagi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka sudah melakukan persiapan yang cukup dengan kegiatan yang cukup padat. 

Ketua KPU Bangka M. Hasan mengatakan saat ini persiapan KPU Bangka sudah memasuki masa-masa persiapan logistik, dan tanpa juga mengenyampingkan sosialisasi kepada masyarakat. 

”Mengingat kesiapan logistik sendiri, bisa dikatakan sangat krusial, yang sangat penting, maka dari itu kita juga memberikan perhatian khusus pada persiapan ini (logistik),” jelasnya saat konferensi pers bersama sejumlah awak media, Kamis (21/2/2019), di Sekretariat KPU Bangka, Jalan Ahmad Yani, Jalur Dua, Sungailiat.

Dikatakannya KPU Bangka sudah melakukan perakitan kotak suara yang dimulai sejak dua minggu lalu dan bahan logistik keperluan pemilu tersebut, sudah diletakkan pada tempatnya.

”Logistik sendiri sudah kita tempatkan pada tempat yang telah disediakan, yaitu di gedung diklat pemkab bangka, di jalan pemuda, sungailiat,” jelasnya.

Hingga sekarang dikatakan Hasan  logistik pemilu yang baru sampai, meliputi, kotak suara, dan bilik suara. Untuk surat suara sendiri, menurut Hasan, belum akan dikirimkan karena memang belum selesai, terlebih lokasi pencetakan surat suara juga lumayan jauh. 

”Kalau surat suaranya belum tahu kapan. Lokasi pencetakannya juga jauh, di makassar sana. Sampai sekarang belum ada perintah dari pusat,”terangnya.

Selain persiapan logistik, KPU Bangka juga terus melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada berbagai lapisan masyarakat. Hal tersebut disampaikan, Hartati, Komisioner KPU Bangka, Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat.

Hartati menjelaskan, berbagai kegiatan sosialisasi yang menyasar berbagai segmentasi di masyarakat, dalam memberi pengetahuan prihal pemilu 2019.

”Kita sasar beberapa segmen, dimulai dari para pemilih millenial yang menggandeng komunitas-komunitas muda, selain itu sosialisasi itu juga, bermaksud untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, tentang pentingnya keikutsertaan mereka dalam pesta demokrasi April mendatang,” ungkapnya. 

Sosialisasi dilakukan KPU Bangka dimaksudkan agar partisipasi masyarakat dapat meningkat, mengingat target yang ditetapkan KPU RI sendiri, dalam 2 pelaksanaan pemilu belum tercapai. 

”Pada 2014 sendiri hanya dikisaran enam puluhan persen, dan tidak jauh berbeda pada pilkada kemarin yang kurang lebih segitu. Sedangkan target dari KPU sendiri 75 persen. Mudah-mudahan tahun ini tercapai,” jelasnya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button