NEWS

Dinkes Bangka: Selama bulan Januari terdapat 40 kasus DBD

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendata selama bulan Januari terdapat 40 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di daerah itu.

“Januari tahun ini ada sebanyak 40 kasus DBD, hingga pertengahan bulan Pebruari sudah ada 11 kasus,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Bangka, Then Suyanti di Sungailiat, Jumat.

Ia mengatakan, Dinkes Kabupaten Bangka terus berupaya menekan angka kasus DBD dengan cara menggencarkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan menguras, menguburkan dan menutup (3M) serta pengasapan (fogging) guna meminimalisir demam berdarah dengue (DBD) di daerah itu.

PSN yang dilaksanakan Dinkes Kabupaten Bangka dilakukan langsung ke rumah-rumah warga terhadap tampungan air yang kurang diperhatikan masyarakat.

“Kami menemukan asih banyak warga yang belum menyadari kalau drum yang tidak terpakai banyak menampung air atau selokan memiliki genangan air harus dibuang, supaya tidak timbul jentik nyamuk,” katanya.

Pihaknya berharap masyarakat harus menyadari dan mulai melakukan PSN, hal ini disebabkan perkembangbiakan nyamuk sangat cepat, dalam satu kali bertelur nyamuk bisa menghasilkan 100 hingga 150 butir telur dalam seminggu, sehingga dalam satu bulan bisa mencapai 600 jentik nyamuk.

Diimbau bagi warga selain melakukan PSN, tempat penampungan air bisa dicampur dengan abate supaya nyamuk enggan bersarang di tempat tersebut.

“Intinya mari tingkatkan PSN dan 3M, sebab fogging hanya membunuh nyamuk dewasa, tapi jentik yang harus diberantas untuk mengatasi DBD ini,” katanya.

Penulis : vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button