NEWS

Bupati Bangka Tengah optimistis Gaharu Mampu Sejahterakan Petani

Lensabangkabelitung.com, Koba – Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh optimistis komoditas gaharu mampu menyejahterakan para petani di daerah itu.

“Saya dari 2005 mengikuti perkembangan produk gaharu dan sampai sekarang terus mendorong petani untuk terus memproduksi komoditas tersebut karena saya yakin mampu meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya di Koba, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa.

Ia menjelaskan berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah untuk menjadikan gaharu sebagai produk bernilai ekonomi tinggi mulai dari pemasaran, promosi, inokulasi hingga menyediakan peralatan teknologi untuk mengolah gaharu.

“Kami sudah mencoba mempromosikan dan menjual gaharu hingga ke luar daerah melalui berbagai pameran, ternyata gaharu daerah ini cukup diminati dan ini menunjukkan gaharu memiliki prospek pasar yang cukup bagus,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, Bangka Tengah sudah dikenal masyarakat luar baik nasional maupun internasional sebagai daerah klaster gaharu dan menjadi pusat produksi dan pasar gaharu nasional.

“Makanya saya bertatap muka dengan para petani gaharu di daerah ini untuk mendengar cerita dan perkembangan tanaman gaharu mereka,” ujarnya.

Ternyata dalam pertemuan dengan para petani gaharu, kata dia, petani masih memiliki semangat yang kuat untuk membudidayakan gaharu.

“Walaupun memang ada beberapa keluhan dan permintaan dari petani untuk lebih meningkatkan produksi gaharu mereka seperti inokulen, pasar teh gaharu, minyak gaharu, dan meminta dibangun galeri khusus produk gaharu,” ujarnya.

Penulis : Redaksi (ANT)

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button