NEWS

Bukit Layang Budidaya Madu Kelulut

Lensabangkabelitung.com, Bakam – Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka,mempunyai potensi madu Kelulut, namun masyarakat sekitar masih belum mengerti cara budidaya Madu Kelulut tersebut. 

“Madu Kelulut tidak menyengat manusia, tetapi, tetap harus hati-hati karena madu ini suka hinggap di sela-sela rambut,” ungkap Kepala Desa Bukit Layang, Andry Sabtu (2/2/2019), di Sungailiat.

Pemerintah Desa Bukit Layang berharap Madu Kelulut ini, dibudiyakan, sebab nantinya akan menjadi tempat wisata bagi pengunjung yang datang ke desa Bukit Layang, untuk melihat secara lansung budi daya Madu Kelulut, karena hingga sekarang keberadaannya hanya ada di Desa Bukit Layang.

Budidaya Madu Kelulut tergolong sederhana dan lokasinya bisa dengan sistem tumpang sari di kebun karet atau Nangka, untuk satu koloni Madu Kelulut, bisa menghasilkan setengah liter madu.

“Kelebihan Madu Kelulut, teknik budidayanya sederhana, dan budi daya madu ini, ke depan bisa jadi daya tarik wisata bagi desa Bukit Layang ini.Hambatan yang kami alami saat ini, untuk budidaya Madu Kelulut, yakni belum adanya inisiatif masyarakat dan belum adanya pembinaan, untuk itu pihaknya berharap dari intansi atau dinas terkait, dapat memberikan bimbingan dan teknik budidaya Madu Kelulut bagi masyarakat kami,”ujar Andry.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button