NEWS

Bawaslu Bateng Tertibkan Alat Peraga Kampanye yang Melanggar

Lensabangkabelitung.com, KOBA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bersama Panwaslu Kecamatan bekerjasama dengan BKO Sat Pol PP serta didampingi pengamanan dari personil Kepolisian di masing-masing Polsek kembali menertibkan sebanyak 61 buah Alat Peraga Kampanye (APK)/Atribut/Bahan Kampanye/Alat Peraga Lainnya milik Peserta Pemilu Tahun 2019 yang melanggar aturan pemasangan di 5 (lima) kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Tengah pada Kamis (28/02/2019).

Wahyu Tri Buwono selaku Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah mengungkapkan sebelum pelaksanaan penertiban ini, pihaknya sudah melayangkan surat peringatan kepada peserta Pemilu tahun 2019 untuk menurunkan sendiri Alat Peraga Kampanye (APK)/Atribut/Bahan Kampanye atau Alat Peraga Lainnya yang melanggar dalam waktu 1 x 24 jam. “Penertiban ini merupakan penertiban lanjutan setelah sebelumnya telah kami lakukan secara kontinyu dan terakhir pada Senin (28/01/2019) kemarin,” ujarnya.

Diungkapkannya, setelah surat peringatan tersebut dilayangkan kepada peserta Pemilu 2019, jumlah Alat Peraga Kampanye (APK)/Atribut/Bahan Kampanye serta Alat Peraga Lainnya yang ditertibkan sebanyak 61 buah, dari jumlah pendataan dari Panwaslu Kecamatan sebelumnya sebanyak 93 buah. “Jumlah APK yang kami tertibkan serentak pada hari ini memang menurun, karena sebagian sudah ditertibkan sendiri oleh peserta Pemilu serta untuk di Kecamatan Simpangkatis, tidak ada penertiban Alat Peraga Kampanye (APK)/Atribut/Bahan Kampanye/Alat Peraga Lainnya, karena beberapa yang melanggar sudah ditertibkan juga oleh peserta Pemilu,” tambah Wahyu.

“Diketahui Alat Peraga Kampanye (APK)/Atribut/Bahan Kampanye/Alat Peraga Lainnya yang ditertibkan serentak hari ini berada di Kecamatan Koba sebanyak 14 buah, Kecamatan Lubuk Besar sebanyak 7 buah, Kecamatan Namang sebanyak 3 buah, Kecamatan Pangkalan Baru sebanyak 17 buah, dan Kecamatan Sungaiselan sebanyak 11 buah dengan total sebanyak 61 Alat Peraga Kampanye (APK)/Atribut/Bahan Kampanye atau Alat Peraga Lainnya yang melanggar.

Kedepannya, Wahyu berharap Alat Peraga Kampanye (APK)/Atribut/Bahan Kampanye/Alat Peraga Lainnya yang dipasang oleh peserta Pemilu di Kabupaten Bangka Tengah dapat taat aturan. “Pelanggaran didominasi tata cara pemasangannya seperti Alat Peraga Kampanye (APK)/Atribut/Bahan Kampanye atau Alat Peraga Lainnya yang dipaku di pohon, dipasang di tiang yang bukan milik pribadi serta yang pasang di tempat dilarang seperti di tempat ibadah gedung milik pemerintah, lembaga pendidikan, sarana publik dan tempat pemakaman umum,” tandasnya seraya menengaskan penertiban akan terus dilakukan kontinyu hingga masa tenang.

Penulis : Redaksi

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close