NEWS

Bawaslu Bateng Gelar Rakor Terkait Saksi Pemilu Dengan Parpol

Lensabangkabelitung.com, KOBA – Menindaklanjuti surat instruksi Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Nomor 049/K.Bawaslu.BB/PM.00.01/II/2019 tentang Instruksi Permintaan Nama – Nama Saksi Peserta Pemilu 2019 Yang Ditunjuk, Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) pada Jum’at, 22 Februari 2019 mengadakan Rapat Koordinasi dengan Partai Politik peserta Pemilu dan Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 Daerah Pemilihan Bangka Tengah yang diselenggarakan di Kantor Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto. Hadir dalam rapat ini juga Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Muhamad Utoyo dan Wahyu Tri Buwono.

Rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka permintaan nama – nama saksi Partai Politik peserta Pemilu dan saksi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang ditunjuk dan juga membahas rencana pelaksanaan bimbingan teknis bagi saksi Partai Politik peserta Pemilu dan saksi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu tahun 2019. Sesuai dengan yang diamanatkan dalam Pasal 351 ayat (3) Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 352 ayat (7) Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa saksi harus menyerahkan mandat tertulis dari pasangan calon, tim kampanye, Partai Politik peserta Pemilu atau calon Anggota DPD kepada KPPS, Pasal 351 ayat (8) Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa saksi sebagaimana pada ayat (7) dilatih oleh Bawaslu, serta surat Bawaslu RI Nomor 0084/K.Bawaslu/TU.00.01/II.2019 tentang Permintaan Nama – Nama Saksi Peserta Pemilu yang ditunjuk tertanggal 19 Februari 2019.

Ketua Bawaslu Bateng Robianto mengatakan bahwa nama – nama saksi Partai Politik peserta Pemilu dan Saksi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu tahun 2019 disampaikan kepada Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah paling lambat tanggal 27 Februari 2019. “Untuk nama – nama saksi Partai Politik peserta Pemilu dan saksi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden ini kita minta dikirimkan dalam bentuk hardcopy dan softcopy yang dilengkapi dengan nomor surat mandat dari masing – masing Partai Politik dan Tim kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2019. Untuk jumlahnya sebanyak 1 (satu) orang untuk setiap TPS bagi seluruh Partai Politik peserta Pemilu Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu tahun 2019 dengan jumlah total sebanyak 477 sesuai dengan jumlah TPS di Kabupaten Bangka Tengah,” ujar Robianto.

Dalam rapat ini juga Ketua Bawaslu Bateng menyampaikan rencana pelaksanaan bimtek bagi saksi Partai Politik peserta Pemilu dan Saksi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu tahun 2019 yang akan dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah. “Pelatihan Saksi Peserta Pemilu akan dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan dan dalam pelaksanaannya Panwaslu Kecamatan akan disupervisi oleh Bawaslu Kabupaten/Kota, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu RI,” tambahnya. (Humas Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah).

Untuk pelaksanaan Bimtek saksi ini, menurut Robianto pihaknya sudah menyusun jadwalnya dengan mempertimbangkan kapasitas gedung di setiap kecamatan. ”Untuk di kecamatan Koba akan dilaksanakan sebanyak 6 sesi, kecamatan Lubuk Besar sebanyak 8 sesi, kecamatan Namang sebanyak 4 sesi, kecamatan Pangkalan Baru sebanyak 3 sesi, Kecamatan Simpangkatis dan Sungaiselan masing – masing sebanyak 8 sesi,” terangnya.

“Adapun total saksi Partai Politik peserta Pemilu dan Saksi Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu tahun 2019 yang akan kita bimtek sebanyak 8.586 orang yang tersebar di 477 TPS di Kabupaten Bangka Tengah,” pangkasnya serasa menambahkan rencana pelaksanaan bimtek saksi ini akan dilakukan pada akhir bulan Maret.

Penulis : Redaksi

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button