NEWS

Antisipasi Kebakaran,Damkar Pol PP Bangka Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Satuan Damkar Pol PP Kabupaten Bangka menggelar kegiatan pelatihan simulasi kebakaran di RSUD Dr Eko Maulana Ali Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Simulasi ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pelatihan pencegahan jika terjadi kebakaran selama dua hari. 

“Hari ini, kita memenuhi permintaan RSUD Dr Eko Maulana Ali Babel, terkait dengan pelaksanaan kegiatan simulasi penanggulangan kebakaran, hal tersebut dilaksanakan untuk peningkatan mutu rumah sakit, melalui implementasi standar nasional akreditasi rumah sakit tahun 2017,” ungkap Kasat Pol PP Kabupaten Bangka Drs Dalyan Amrie, melalui Kasi Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Alam Pol PP Kabupaten Bangka, Ahmad Fauzi. Rabu (27/2/2019) di Kantor SatPol PP Kabupaten Bangka.

Menurut Fauzi, dalam kegiatan pelatihan simulasi kebakaran kali ini untuk hari pertama, disampaikan teori, dengan materi manajeman bencana, Materi Keselamatan kebakaran gedung, Teori API, APAR, Hydran, alarm dan terkait masalah keselamatan.

“Untuk hari kedua besok (Kamis-red), kita lanjutan dengan kegiatan praktek, terkait dengan pengamanan, evakuasi, misal bagaimanan cara evakuasi turun dari gedung bertingkat, dan cara membawa korban, selain itu akan saat pelatihan untuk praktek akan digunakan peralatan pemadam APAR, juga pemadaman api secara tradisional,” Ujarnya.

Dengan adanya pelatihan simulasi kebakaran tersebut, diharapkan nantinya pihak RSUD Dr Eko Maulana Ali Babel, sudah mengerti apa yang harus dilakukan seperti pengunaan peralatan pemadam APAR,pemadaman api secara tradisional, serta bagaimana melakukan evakulasi korban dan lain. 

Selain itu juga akan diperagakan pemadaman kebakaran mengunakan mobil pemadam kebakaran.

“Kejadian kebakaran, tidak kita ketahui kapan terjadi, tetapi kita harus sudah siap dan mengetahui apa yang akan kita lakukan apabila terjadi kebakaran, pihak rumah sakit bisa mengunaan peralatan pemadamn APAR, pemadaman api secara tradisional, juga ada diperagakan pemadaman kebakaran menggunakan mobil pemadam kebakaran,”jelasnya.

Fauzi meminta dan menyarankan pihak RSUD Dr Eko Maulana Ali Babel membentuk struktur penanggulangan bencana kebakaran rumah sakit.

“Sesuai dengan SOP tentang penangulangan bencana kebakaran, maka harus ada Struktur penanggulangan bencana kebakaran ini, setiap rumah sakit, bangunan perusahaan harus ada, nantinya dalam struktur tersebut, akan ada pembagian tugas masing-masing dan apabila terjadi kebakaran mereka sudah bisa melakukan pemadaman kebakaran, sebelum pihak petugas Kebakaran datang ke lokasi,”tambahnya.

Selain simulasi di RSUD Dr Eko Maulana Ali Damkar Satpol PP juga sudah menggelar kegiatan simulasi kebakaran di perusahan semelter yang ada di Kawasan Industri Jelitik Sungailiat.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button