NEWS

Tingkat Partisipasi Masyarakat Bangka Dalam Pemilu Semakin Rendah 

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Salah satu upaya untuk mendokrak tingkat partisipasi dalam pesta Demokrasi Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi para relawan demokrasi (relasi), Kamis (17/1/2019) di Ruang Pertemuan Hotel Manunggal Sungailiat.

Dalam sambutannya ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka M Hasan menilai di Kabupaten Bangka tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu dari tahun ke tahun semakin rendah.

Hasan mengatakan pada pemilihan legislatif tahun 2014 lalu tingkat partisipasi masyarakat hanya sebesar 68 persen, pada pemilihan Gubernur Babel 2017 lalu sebesar 65 persen dan pemilihan Bupati Bangka 2018 lalu sebesar 62,22 persen.

“Ini bukan peningkatannya tapi penurunnya sangat luar biasa kita dari tahun ke tahun menurun. Kami tidak tahu apa penyebabnya. Bisa jadi ada beberapa faktor yang mempengaruhi, mungkin ada tingkat kejenuhan pada Mayarakat terhadap pemilu,” ungkap Hasan.

Tapi sampai saat ini Hasan menjelaskan belum ada penelitian tentang menurunnya tingkat partisipasi masyarakat tersebut. Untuk itu ia menyarankan agar para mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) bisa melakukan penelitian terkait menurunnya partisipasi masyarakat dalam pemilu.

KPU Kabupaten Bangka siap memberikan referensi dan data untuk penelitian mahasiswa tersebut. Namun ia minta mahasiswa bukan sekedar melakukan penelitian tetapi juga bisa memberikan solusi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Sementara itu salah satu peserta Bimtek yang merupakan Mahasiswi FISIP Universitas Bangka Belitung Rani Diansari menilai, rendahnya partisipasi masyarakat dalam pemilu di Kabupaten Bangka ini karena sikap masyarakat yang apatis.

“Masyarakat juga mungkin sudah kenyang dengan dalam tanda kutip janji pemimpin kita. Bahkan persepsi mereka ganti presiden atau tidak ganti presiden sama saja seperti kemiskinan,” ungkap Rani.

Menurutnya persepsi tersebut yang harus diubah karena ketika ada kebijakan pemerintah bersama para wakil rakyat dampaknya berimbas langsung untuk masyarakat.

“Jadi kita harus bisa memilih pemimpin itu seperti apa. Untuk itu harus ada kesadaran dari masyarakat berpartisipasi dalam pemilu,” kata Rani.

Bintek kali ini diikuti oleh 55 orang relawan, dengan harapan mereka bisa mendongkrak tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Bangka pada Pemilu 2019. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close