NEWS

Srimenanti ditetapkan Sebagai Kampung Tertib Berlalu Lintas

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kelurahan Srimenanti Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka ditetapkan sebagai kampung Atertib berlalu lintas, kelurahan Srimenanti dipilih karena dinilai minim terjadi kecelakaan serta masyarakat korban kecelakaan. Aparat kelurahan bersama masyarakat juga menyiapkan sarana, yakni balai kampung tertib berlalu lintas, yang juga terdapat perpustakaan umum bagi masyarakat sekitar. 

Selain itu berdasarkan data lakalantas, daerah ini termasuk minim terjadi kecelakaan, dibanding daerah lainnya. di Srimenanti juga didukung infrastruktur rambu-rambu lalu lintas, seperti zebracros dan berdasarkan data lakalantas, di Srimenanti minim terjadi kecelakaan, masyarakat korban kecelakaan dan lainnya sehingga diusahakan kondisi minim tertib berlalu lintas nantinya semuanya menjadi tertib berlalu lintas .

“Kampung tertib berlalu lintas ini, dibentuk untuk mengajak mempertahankan keberadaan yang sudah ada, seperti di kelurahan Srimenanti minim terjadi kecelakaan, masyarakat korban kecelakaan, dan tersedianya infrastruktur lalu lintasnya.kata Kapolres Bangka AKBP Budi Ariyanto SIK melalui Kasat Lantas, AKP Diana Yaminiarty, Jumat (11/1/2019).

Munurut Diana, dengan telah ditetapkan Srimenanti sebagai kampung tertib berlalu lintas, pihak kepolisian berharap nantinya masyarakat Srimenanti akan menjadi kampung pelopor keselamatan, sadar tertib berlalu lintas dimulai dari setiap keluarga dan masyarakat serta nantinya Srimenanti akan menjadi kampung percontohan tertib berlalu lintas, untuk kelurahan atau desa di Kabupaten Bangka.

Dikatakan Diana, nantinya pihak Satlantas dan Kelurahan Srimenanti dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka, akan bersama-sama, mempelajari terkait kekurangan infrastruktur rambu-rambu lalu lintas yang belum ada, di Srimenanti, akan segera ditambah dan hal-hal lainya.

“Satlantas juga akan melaksanakan sosialisasi safety reading atau cara berkendara dengan aman, kepada masyarakat setiap kali ada pertemuan masyarakat di kelurahan, dalam rangka memberikan pengertian tentang pentingnya tertib berlalu lintas. Dan juga saat kita melakukan sosialisasi tentang safety reading, di desa lainya, tokoh masyarakat Srimenanti yang ditunjuk sebagai panutan tertib berlalu lintas, kita ajak untuk memberikan sosialisasi nantinya,terang Diana.

Program kampung tertib berlalu lintas, tidak hanya dari pihak satlantas saja, tetapi didukung oleh tokoh masyarakat yang ditunjuk sebagai panutan tertib berlalu lintas.

Harapan Pihak Satlantas Polres Bangka dengan telah terpilihnya kelurahan Srimenanti sebagai Kampung Tertib Berlalu Lintas, akan ada tangung jawab masyarakat terus berbenah diri, semakin timbul rasa kepedulian masyarakat untuk tertib berlalu lintas sehingga ke depan menjadi kelurahan pelopor tertib berlalu lintas. 

Dengan menjadikan masyarakatnya menjadi pelopor tertib berlalu lintas, hal ini akan dapat terpantau ke depan, dengan melihat indikator kurangnya jumlah kecelakaan, yang korban kecelakaan lalu lintas, apakah berkurang atau tidak ada atau sebaliknya.

Sementara itu, Lurah Srimenanti, Ramzi mengatakan pihak Kelurahan Srimenanti, menyambut baik ditetapkanya keluruhan Srimenanti menjadi Kampung Tertib Berlalu Lintas, hal tersebut tentunya akan berdampak baik bagi masyarakat, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas ke depan.

“Kami sangat bersyukur melalui kegiatan ini, dapat menambah kegiatan kegiatan yang ada di kelurahan ini, seperti contohnya adanya balai tertib berlalu lintas, untuk mengakomodir keperluaan warga yang ingin menyalurkan hobi membaca, tetapi keterbatasan bahan bacaannya, “kata Ramzi.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close