NEWS

Satgas Pengamanan dan Penegakan Hukum Mulai Pantau Penyaluran Dana Bantuan Sosial

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung Brigadir Jenderal Istiono mengatakan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan dan Penegakan Hukum Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Sosial mulai melakukan pendataan bantuan sosial sebagai penjabaran hasil Memorandum of Understanding (MoU) antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan Kementerian Sosial yang ditandatangani 11 Januari 2019 lalu.

“Kita berkoordinasi dengan Dinas Sosial, Inspektorat dan Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta seluruh data terkait bantuan sosial 2019. Anggota sudah bergerak aktif meminta data dari pemerintah daerah. Senin ini kita akan menggelar rapat untuk menentukan apa langkah selanjutnya. Tujuan kita bersama-sama berkolaborasi ini agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan tidak disalahgunakan,” ujar Istiono kepada wartawan, Jumat, 25 Januari 2019.

Istiono menuturkan satgas pengamanan dan penegakan hukum penyaluran dana bantuan sosial terbagi 4 sub, diantaranya sub data dan sosialisasi, sub media, sub pengamanan distribusi dan sub penegakan hukum.

“Tugasnya melakukan sosialisasi, pendampingan dan penegakan hukum selama proses penyaluran bantuan sosial. Satgas ini akan bekerja sama dengan stakeholder terkait mulai dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota, serta jajaran polres,” ujar dia.

Menurut Istiono, ada enam prinsip yang akan menjadi target kinerja satgas dalam mengawasi penyaluran dana bantuan sosial, yakni tepat sasaran, waktu, jumlah, kualitas, jenis dan cara.
“Kita sangat serius mengawasi penyaluran dana bantuan sosial supaya efektif, efisien dan tidak terjadi pelanggaran dan penyimpangan,” ujar dia.

Istiono menambahkan pihaknya juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam membantu proses penyaluran dana bantuan sosial untuk wilayah Bangka Belitung agar berjalan dan bermanfaat sesuai dengan harapan.

“Kalau ada pelanggaran atau menemukan praktek pendistribusian dan pemanfaatan dana bantuan sosial yang tidak sesuai, silahkan laporkan,” ujar dia.

Penulis : Yoo

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button