NEWS

KPU, Parpol dan Caleg Bangka Ikut Rakor Persiapan Jadwal dan Tempat Kampanye

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Partai politik dan calon legislatif peserta Pemilu 2019 mengikuti rapat koordinasi mempersiapkan jadwal dan tempat penyelenggaraan kampanye umum yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka. Rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada Pilpres dan Pileg tahun ini. Selasa (29/1/2019) di Hotel Manunggal Sungailiat.

“Kami berharap calon legislatif dan parpol dapat mengikuti serta berkampanye sesuai aturan dan ketentuan berlaku,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, M Hasan.

Pelaksanaan rapat umum atau kampanye akbar ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye. 

“Dalam kegiatan rakor ini kita meminta pendapat parpol terkait adanya parpol yang hanya ada di satu daerah pemilihan (dapil), yakni PKPI serta Partai Garuda yang memiliki tiga dapil supaya memiliki hak yang sama mengingat asas keadilan bersama,” ujarnya. 

Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bangka, Hartati, mengatakan rancangan ini dilakukan berdasarkan ketentuan dari KPU Pusat yakni dari KPU daerah ke provinsi lalu ke pusat atau sistem bottom up (keatas). 

“Penetapan jadwal kampanye akbar ini murni atas masukan dari perwakilan parpol dengan skema yang diajukan KPU Kabupaten Bangka,” katanya.

Menurutnya setiap partai politik mendapat kesempatan lima kali kampanye umum sesuai jadwal kegiatan yang ditetapkan bersama, dimulai tanggal 24 Maret 2019 hingga 13 April 2019 dengan satu kali hari libur.

“Seluruh parpol peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Bangka melaksanakan kampanye di lokasi yang sudah disepakati bersama antara KPU dan parpol disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka,” ujarnya. 

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Corry Ihsan, menghimbau dengan ditetapkan bersama semua perwakilan parpol, supaya dalam pelaksanaan kampanye umum dapat mengikuti aturan dan ketentuan berlaku. 

Partai politik diharapkan tidak melakukan pelanggaran saat berkampanye seperti money politik, isu SARA dan lain sebagainya.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button