NEWS

KPU Bangka Fokus Sosialisasi Pemilu Tahun 2019

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menggelar konfrensi pers terkait perkembangan tahapan pemilu tahun 2019. Senin (21/1/2019) di Kantor KPU Bangka. 

Pada kesempatan tersebut Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bangka Hartati mengatakan, pada bulan Januari 2019 KPU fokus untuk mensosialisasikan Pemilu kepada masyarakat agar ikut mensukseskan pemilu 2019 mendatang, dengan harapan ada peningkatan partisipasi jumlah pemilih dalam pemilu.

Untuk saat ini dikatakan Hartati KPU Bangka saat ini sudah merekrut sebanyak 55 relawan demokrasi (relasi). Mereka disebar di kecamatan-kecamatan di Kabupaten Bangka.

Mereka akan melakukan sosialisasi sesuai dengan basisnya masing-masing. Basis basis tersebut dibagi menjadi basis pemula, pemilih muda, keluarga, perempuan, kaum marjinal, kaum disabilitas, keagamaan, dan netizen.

Sedangkan terkait dengan kegiatan kampanye dan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) sudah dimulai dari tanggal 23 September 2018 lalu.

“Kami akan melakukan rapat koordinasi dengan beberapa stakeholder seperti, bupati, pengadilan, kejaksaan, kepolisian, kesbangpol, satpol PP dan bawaslu mengenai rapat jadwal pelaksanaan rapat umum, kemudian akan kita lanjutkan berkoordinasi dengan parpol-parpol,” jelas Hartati.

Sementara itu berkenaan dengan logistik pemilu,karena keterbatasan tempat yang ada di gudang KPU,maka KPU Bangka memindahkannya ke gedung Diklat Kabupaten Bangka yang ada di Jalan Pemuda Sungailiat. 

Iman Supiar selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bangka mengatakan untuk beberapa logistik pemilu 2019 akan dilakukan perakitan dan pengesetan yang dialihkan ke Gedung Diklat Kabupaten Bangka.

“Perlakuannya sama dengan gudang logistik di KPU. untuk kotak suaranya kita buatkan palet dan untuk pengamanan kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian yakni Polres Bangka dan pengamanan internal. Kami sudah menyiapkan tenaga pengamanan internal. Tenaga pengamanan internal yang sudah disiapkan KPU Kabupaten Bangka sudah kami bagi ada yang di gudang diklat dan ada yang menjaga di kantor,” jelas Iman.

Pergeseran gudang logistik ini sudah disampaikan pihaknya kepada KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Polres Bangka dan Bawaslu Kabupaten Bangka dengan mempertimbangkan kapasitas gudang dan keamanan logistik pemilu.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button