NEWS

Ketemu Beras Dijual Diatas HET Lapor ke Kasatgas Pangan Saja, Ini Nomor HP-nya

Lensabangkabelitung.com, PANGKALPINANG – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta masyarakat aktif melapor jika menemukan ada beras dijual diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) atau pelanggaran soal distribusi pangan. Langkah aktif melapor dinilai penting dalam membantu petugas menindak para pelaku mafia pangan.

“Masyarakat tidak usah takut. Jika saat berbelanja menemukan beras dijual diatas harga HET, lapor saja ke saya. Nomor saya 085263861994 terbuka dan selalu aktif bagi masyarakat yang mau melapor. Nanti segera langsung kita tindak lanjuti,” ujar Kepala Satgas Pangan Bangka Belitung Komisaris Besar Mukti Juharsa kepada wartawan, Selasa, 8 Januari 2019.

Mukti mengatakan HET beras di Bangka Belitung sudah ditetapkan Rp 9.950 per kilogram untuk beras medium dan Rp 13.300 untuk beras premium.

“Jika ada yang menjual diatas HET silahkan laporkan. Nanti identitas kita rahasiakan. Jangan sampai ada pihak-pihak yang mencari keuntungan dengan melakukan pelanggaran dan merugikan masyarakat,” ujar dia.

Mukti menuturkan tidak mentolerir setiap pelanggaran sektor pangan yang dianggap merugikan masyarakat. Seluruh penindakan hukum oleh satgas pangan, kata dia, pelakunya selalu ditahan dan dilanjutkan kasusnya hingga ke persidangan.

“Yang terbaru ada yang memanipulasi merek beras cap sendok. Dimana beras bulog dioplos dengan beras merek KTJ lalu diberi kemasan baru cap sendok, lalu dijual diatas HET. Pelakunya langsung saya tahan. Jadi kita tidak pernah main-main perkara pangan,” ujar dia.

Mukti menambahkan pihaknya selalu aktif berkoordinasi dengan instansi terkait dan distributor pangan memantau proses distribusi hingga penjualan agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Sejauh ini memang masih terkendali. Namun kita melihat masih ada pihak yang mencari celah melakukan pelanggaran dalam mencari keuntungan. Untuk itu kita mengharapkan peran aktif masyarakat untuk melapor agar mempermudah kita melakukan penindakan,” ujar dia.

Penulis : Vio

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button