NEWS

Harga Tiket Pesawat Mahal, Kunjungan Wisata Bangka Berkurang

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Bangka Asep Setiawan mengaku khawatir kunjungan wisatawan ke Bangka berkurang pasalnya mahalnya harga tiket pesawat yang terjadi sejak akhir tahun 2018 lalu.

“Dampak yang dirasakan mahalnya harga tiket pesawat tersebut menyebabkan kunjungan para wisatawan ke Bangka akan berkurang dan hal tersebut membuat kondisi pariwisata di Kabupaten Bangka menjadi tidak bersemangat dan tempat wisata serta hotel dan hunian lainya menjadi sepi,”ungkap Asep saat menghadiri acara pelantikan dan Pengukuhan Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Bangka, di hotel Manunggal Sungailiat beberapa waktu lalu. 

Menurut, Asep dampak harga tiket pesawat yang melambung tinggi ini sangat terasa terhadap kunjungan wisatawan di kabupaten atau kota di Bangka Belitung beberapa waktu terakhir.Namun untuk penurunan kunjungan wisatawan akibat kenaikan harga tiket pesawat di Kabupaten Bangka belum terukur karena harga tiket melambung baru akhir tahun lalu.

Dikatakan Asep, mahalnya harga tiket pesawat yang terjadi sejak akhir tahun 2018 lalu, sangat dirasakan oleh para travel agent wisata, sebab dengan adanya kenaikan harga tiket pesawat, pihak travel agent wisata, tidak menerima komisi penjualan tiket pesawat.

Ditambahkannya, informasi yang diterima pihaknya ,untuk mengatasi mahalnya harga tiket pesawat, pemerintah pusat sudah melakukan upaya untuk menurunkan harga tiket pesawat tetapi hanya berlaku untuk tujuan penerbang di daerah tertentu misalkan tujuan ke Yogjakarta dan Denpasar Bali. Dan untuk penerbangan ke Bangka Belitung belum ada kebijakan pemerintah pusat untuk menurunkan harga tiket pesawat. 

“Ini menjadi persoalan. Bagi kami pelaku pariwisata sangat miris dan prihatin. Jujur saja daerah yang baru menata, mau membangkit kembali pariwisata tapi daerah Bangka Belitung khususnya tidak termasuk yang diturunkan tarif pesawatnya,”sesal Asep.

Dengan adanya kenaikan harga tiket pesawat tentunya yang sangat berdampak yakni para pelaku pelaku wisata, seperti perhotelan, tempat wisata dan juga berdampak ke usaha lainnya.

”Dengan harga tiket yang tinggi, orang jadi malas berpergian, atau para wisatawan akan memilih daerah tujuan wisata dengan biasa yang murah saja, ke daerah tertentu saja.” Kata Asep.

Asep berharap adanya kebijakan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan Indonesia untuk menstabilkan harga tiket pesawat terbang.

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button